Search

3 Tips Kelola Keuangan dengan Baik pada Usia 30 Tahun - iNews

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak hal yang terjadi saat berusia 30-an. Momen tersebut merupakan waktu yang penting untuk mengatur keuangan

Membeli rumah, menikah, punya anak, dan berganti pekerjaan adalah peristiwa kehidupan yang umum pada usia 30-an. Salah satu dari hal tersebut bisa menjadi lompatan finansial yang besar, terutama ketika Anda melihat ke depan untuk mempertimbangkan masa pensiun atau saat mengirim anak ke perguruan tinggi nantinya.

Dikutip dari Grow Acorns, berikut tiga tips cerdas untuk membantu memastikan keuangan Anda dalam kondisi yang baik pada saat Anda berusia 40 tahun.

Persiapkan Dana Pensiun

Jika terus menabung sejak usia 20-an, periksa kemajuan jumlah tabungan Anda. Pada usia 30 Anda harus memiliki tabungan pensiun minimal setara dengan gaji awal Anda. Pada usia 35 jumlahnya minimal dua kali gaji Anda ditabung, dan pada usia 40 minimal tiga kali gaji Anda. Itu hanya panduan dasar, tetapi dapat membantu Anda mengukur pentingnya gerakan meningkatkan jumlah tabungan.

Jika Anda baru mulai menabung pada usia 35, Anda harus menyisihkan setidaknya 15 persen dari gaji untuk dapat pensiun pada usia 65 tahun dengan keamanan finansial, menurut data dari Pusat Penelitian Pensiun di Boston College Amerika Serikat. Angka itu termasuk kontribusi Anda sendiri dan tunjangan di luar penghasilan. Anda harus menabung lebih banyak jika ingin dalam kondisi yang baik pada saat berusia 40 tahun.

Tinjau Dokumen Keuntungan Secara Berurutan

"Saya memberi tahu orang-orang yang berusia 30-an untuk meninjau kemungkinan terburuk demi berharap mendapatkan yang terbaik," kata Shaun Melby, perencana keuangan bersertifikat dan pendiri Melby Wealth Management di Nashville Amerika Serikat. Anda membutuhkan tabungan darurat  untuk penghidupan selama enam bulan, asuransi jiwa, bahkan surat wasiat sekalipun.

Berusahalah untuk mendapatkan perlindungan itu pada tempatnya, dan ada baiknya berkonsultasi dengan profesional. Seorang penasihat keuangan dapat membantu Anda mengetahui berapa banyak dan jenis asuransi jiwa yang Anda inginkan misalnya, dan seorang pengacara dapat memastikan sesuai dengan hukum keuangan yang berlaku.

Anda juga bisa memperbarui penetapan penerima di akun keuangan. Ketika Anda pertama kali membuka akun bertahun-tahun yang lalu, Anda mungkin telah mengidentifikasi orangtua atau saudara kandung sebagai penerima manfaat. Bahkan, jika Anda menyebut pasangan dan anak sebagai ahli waris dalam surat wasiat. Buat daftar semua akun keuangan Anda dan hubungi setiap lembaga untuk mengganti nama penerima jika perlu.

Pertimbangkan untuk Menyewa Penasihat Keuangan

Hanya 19,5 persen dari generasi berusia 30-37 tahun berinvestasi menggunakan jasa perencana keuangan atau penasihat, menurut laporan YCharts pada 2018. Jika termasuk di antara mereka yang tidak melakukanya, Anda bisa mempertimbangkan ulang. "Antara kebutuhan anak-anak Anda, membayar hipotek, berurusan dengan pembayaran mobil, dan mungkin merawat orang tua yang sudah lanjut usia, Anda akan kesulitan melakukan perhitungan sendiri," ujar Melby. Memiliki seorang penasihat profesional akan sangat membantu.

Cari penasihat yang dituntut untuk bertindak demi kepentingan terbaik Anda, dalam istilah industri fidusia. Anda bisa mencari banyak pilihan calon penasihat untuk melihat mana yang paling cocok. "Temukan seseorang yang berkomunikasi kepada Anda dengan baik, tidak memaksa, dan menjelaskan hal-hal dengan cara yang Anda pahami," ujar Melby.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
April 18, 2020 at 10:52PM
https://ift.tt/2VDchgK

3 Tips Kelola Keuangan dengan Baik pada Usia 30 Tahun - iNews
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Tips Kelola Keuangan dengan Baik pada Usia 30 Tahun - iNews"

Post a Comment


Powered by Blogger.