Search

Tips Pilih Sarung Tangan yang Wajib Dipakai Pemotor saat PSBB - Detikcom

Jakarta -

Di beberapa daerah mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus penyebaran virus Corona (COVID-19). Kini, pengendara sepeda motor wajib menggunakan masker dan sarung tangan selain helm.

Menurut Pergub DKI Jakarta No. 33 Tahun 2020, masker dan sarung tangan menjadi perlengkapan wajib yang dikenakan pemotor selama PSBB. detikers masih terpaksa beraktivitas keluar rumah selama PSBB? Jangan lupa pakai masker dan sarung tangan!

Untuk memilih sarung tangan yang baik, tim Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan tips dalam pemilihan dan perawatan sarung tangan untuk menunjang kenyamanan berkendara.

"Banyak sekali jenis sarung tangan untuk berkendara. Para bikers perlu memperhatikan masing-masing fungsinya agar tidak salah pilih," ujar Johannes Lucky, Safety Riding Manager AHM, seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima detikOto, Jumat (24/4/2020).

Pertama, pilih bahan sarung tangan yang sesuai. Setidaknya ada dua bahan utama yang sering digunakan untuk pembuatan sarung tangan, yakni bahan kulit dan kain.

Sarung Tangan MotorSarung Tangan Motor Foto: Dok. AHM

Masing-masing bahan ini memiliki karakter yang berbeda. Bahan kain cocok digunakan saat udara panas sehingga dapat menyerap keringat pada tangan, namun jika berada di udara yang dingin sebaiknya menggunakan sarung tangan berbahan kulit agar hangat.

"Karakteristik yang paling menonjol dari kedua bahan ini yakni untuk sarung tangan berbahan kain memiliki karakteristik yang lebih lentur. Sarung tangan berbahan kulit memiliki karakter yang lebih kaku dan sedikit mengurangi sensitifitas pada jari sehingga perlu penyesuaian yang lebih, namun lebih aman untuk melindungi dari gesekan," ujar Lucky.

Pilih juga sarung tangan yang nyaman dipakai. Pastikan sarung tangan tidak terlalu ketat sehingga sirkulasi darah dapat berjalan dengan baik saat berkendara.

Sarung tangan juga harus melindungi seluruh bagian tangan dari ujung jari hingga pergelangan tangan. "Para bikers juga perlu memilih sarung tangan yang memiliki pelindung tulang agar dapat melindungi tangan secara maksimal. Dianjurkan pemilihan sarung tangan yang menutupi seluruh bagian tangan," tambah Lucky.

Terakhir pilih sarung tangan yang mudah dibersihkan. Soalnya, penting menjaga kebersihan sarung tangan demi kenyamanan dan kesehatan.

"Perawatan sarung tangan sangatlah penting untuk menjaga kualitas sarung tangan, mencegah bau dan berkembangnya kuman di dalam sarung tangan," kata Lucky.

Perawatan sarung tangan minimal dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Caranya, rendam sarung tangan di dalam campuran air hangat yang ditambahkan dengan sabun cuci tangan atau sabun bayi selama 5-10 menit. Kemudian, bersihkan perlahan-lahan dengan menggunakan tangan agar tidak merusak lapisan protector pada sarung tangan. Jangan gunakan sikat dalam proses pembersihan karena dapat mengakibatkan kerusakan pada sarung tangan. Bilas sarung tangan dengan air bersih. Khusus untuk bahan kulit, bersihkan sarung tangan tanpa merendamnya dalam air untuk menghindari kerusakan pada lapisan kulit.

Proses pengeringan, untuk bahan kain dapat dikeringkan di bawah sinar matahari. Untuk sarung tangan berbahan kulit, proses pengeringan tidak dilakukan di bawah sinar matahari dan cukup mengandalkan hembusan angin hingga benar-benar kering. Pastikan kering hingga sisi dalam sarung tangan. Tidak perlu diperas agar tetap menjaga kualitas bahan kulit.

Simak Video "Wow! Ada Sarung Tangan Mirip Kulit Manusia untuk Cegah Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
April 26, 2020 at 04:06PM
https://ift.tt/2Y65IGo

Tips Pilih Sarung Tangan yang Wajib Dipakai Pemotor saat PSBB - Detikcom
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Pilih Sarung Tangan yang Wajib Dipakai Pemotor saat PSBB - Detikcom"

Post a Comment


Powered by Blogger.