Search

Sudah 8 Juta Pendaftar, Ini Tips Lolos Dapat Kartu Prakerja - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, hingga saat ini, sudah 8 juta orang yang mendaftar program Kartu Prakerja. Panji memberikan tips agar lolos mendaftar program Prakerja.

Menurut Panji, proses pendaftaran program Prakerja memang bertahap dan sudah jutaan orang berhasil melewati tahapan-tahapan itu. Beberapa di antaranya kata Panji banyak yang tidak lolos proses pendaftaran karena sulit untuk diverifikasi.

"Kebanyakan NIK [Nomor Induk Kependudukan] tidak diverifikasi. Mungkin ada salah ketik nama atau tanggal tidak sesuai dengan data base. Di masa-masa awal itu terhitung jadi backlog," jelas Panji dalam video conference, Senin (27/4/2020).

Masalah lainnya yang membuat masyarakat tidak masuk dalam tahap verifikasi, misalnya saja adalah ketika mengunggah foto diri. Foto diri atau swafoto/selfie yang diunggah, kata Panji harus dipastikan sesuai dengan KTP yang juga diunggah secara bersamaan.

Dalam mengunggah (upload) foto ini, kata Panji masih banyak peserta yang tidak memberikan foto yang tidak bisa terbaca oleh sistem.

"Seperti terlalu gelap, terlalu terang, atau tidak menghadap lurus. Atau ada penutup muka atau kepala, atau pakai kacamata. Sehingga sistem sulit mengidentifikasi," tutur Panji melanjutkan.

Kendati demikian, masalah-masalah itu, lanjut Panji seharusnya tidak bisa dijadikan halangan, karena calon peserta bisa mengunggahnya kembali. Bisa diubah atau direvisi. Sehingga calon peserta yang gagal bisa melanjutkan pendaftaran di gelombang berikutnya.

Pun saat in jumlah pendaftar lebih banyak dari jumlah kursi yang disediakan, target pemerintah 5,6 juta penerima Kartu Prakerja, sehingga cara yang paling adil untuk menyeleksi peserta dengan sistem acak.

"Paling fair adalah randomisasi, karena itu tidak melibatkan diskresi/subjektivitas dari manajemen pelaksana. Jadi benar-benar adil, dan secara radom, secara keilmuan bisa dipertanggungjawabkan untuk memiliki kesempatan yang sama. Sepanjang mereka dalam kelompok homogen atau kelompok didahulukan atau masyarakat umum [yang terkena dampak Covid-19]," jelas Panji.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
April 27, 2020 at 03:38PM
https://ift.tt/2y4LLoz

Sudah 8 Juta Pendaftar, Ini Tips Lolos Dapat Kartu Prakerja - CNBC Indonesia
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sudah 8 Juta Pendaftar, Ini Tips Lolos Dapat Kartu Prakerja - CNBC Indonesia"

Post a Comment


Powered by Blogger.