Search

4 Tips untuk Pasangan Agar Keuangan Tetap Stabil Selama Virus Corona | merdeka.com - merdeka.com

4 Tips untuk Pasangan Agar Keuangan Tetap Stabil Selama Virus Corona Ilustrasi masalah keuangan pasangan. © Nakedlaw.avvo.com

Merdeka.com - Jika Anda dan pasangan khawatir tentang dampak pandemi virus corona terhadap keamanan keuangan dan pekerjaan Anda, maka ini saatnya untuk mulai bekerja bersama dalam menopang stabilitas keuangan rumah tangga Anda.

Para pakar keuangan memberikan tips untuk pasangan melindungi keuangan selama pandemi corona. Berikut 4 tips yang bisa dilakukan pasangan untuk menjaga stabilitas keuangan, dilansir CNBC Make It.

1 dari 4 halaman

Berdiskusi

Hal pertama yang dilakukan oleh pasangan adalah berdiskusi agar menemukan pola pikir yang sama. Karena diskusi uang mungkin sulit dinavigasi, terutama pada saat-saat seperti ini, akan sangat membantu jika Anda menyiapkan pokok pembicaraan.

Perencana keuangan bersertifikat di Ten Talents Financial Planning, Kaleb Paddock merekomendasikan Anda dan pasangan untuk melakukan 3 hal, yakni meninjau pengeluaran bulanan, memeriksa jumlah uang di rekening masing-masing, dan diskusi soal keamanan pekerjaan.

Dengan melalui ketiga poin ini, Anda dan pasangan akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang di mana Anda berdiri secara finansial serta pemahaman tentang bagaimana Anda akan bergerak jika salah satu dari Anda menjadi pengangguran.

Terkadang, tindakan mendengarkan satu sama lain tentang masalah keuangan dan berbicara secara terbuka tentang situasi uang bersama Anda juga dapat berfungsi sebagai realitas yang membantu yang Anda berdua butuhkan.

Jika pembicaraan Anda mengungkapkan bahwa Anda telah menghabiskan terlalu banyak uang belakangan ini, Anda dapat membuat perjanjian untuk menjadi lebih hemat dalam beberapa minggu mendatang, dan meminta pertanggungjawaban satu sama lain.

2 dari 4 halaman

Dana Darurat

Jika Anda atau pasangan Anda terdampak virus corona, maka Anda harus fokus pada tujuan keuangan jangka pendek. Seperti membuat dana darurat. Para ahli biasanya merekomendasikan agar Anda melakukan penghematan terhadap pengeluaran 3-6 bulan hidup layak.

"Sangat penting untuk memiliki bantalan tunai jika virus corona terus berdampak pada perekonomian, mengganggu pekerjaan atau berdampak pada kesehatan banyak orang," kata wakil presiden strategi saran keuangan di Ameriprise Financial, Marcy Keckler.

Sebagai aturan umum, semakin tidak stabil pekerjaan Anda, semakin Anda harus lebih banyak memangkas pengeluaran. Simpan uang Anda di tempat yang mudah diakses, seperti rekening tabungan, sehingga Anda bisa mendapatkannya secepat mungkin jika Anda membutuhkannya.

3 dari 4 halaman

Kurangi Pengeluaran

Adalah ide yang bagus untuk mencoba dan membatasi pengeluaran yang tidak perlu. Mulai lah dengan melihat pengeluaran diskresi Anda. Ini termasuk hal-hal yang berguna, tetapi tidak perlu. Seperti TV kabel atau memesan makanan. Manakah dari pengeluaran opsional ini yang bisa Anda jalani tanpanya?

Selanjutnya, lihat pengeluaran Anda yang diperlukan, seperti makanan dan sewa tempat tinggal. Beberapa dari pengeluaran ini mungkin fleksibel, seperti bahan makanan. Jika Anda terbiasa dengan barang bermerek atau produk premium, maka sudah waktunya Anda beralih ke produk tanpa merek sampai ekonomi pulih.

4 dari 4 halaman

Temukan Penasihat Keuangan

keuangan

Setelah Anda dan pasangan berbicara secara mendalam tentang situasi Anda, kemungkinan besar Anda akan memahami apakah bantuan profesional diperlukan untuk membantu Anda membuat rencana keuangan, kata Keckler.

Selama percakapan awal ini, Anda ingin menggambarkan jenis masalah yang Anda cari bantuannya dan menanyakan apakah para profesional ini memiliki pengalaman yang tepat untuk memberi saran.

Saat Anda menyewa seorang profesional untuk membantu keuangan Anda, sangat penting bahwa mereka tidak hanya mampu, tetapi mereka juga berjanji untuk mengutamakan kepentingan Anda. Dalam istilah resmi, mereka harus menjadi fidusia, yang berarti mereka memiliki tanggung jawab hukum untuk melakukan yang terbaik untuk Anda.

Ketika "berbelanja" mencari penasihat keuangan, Anda juga harus mempertimbangkan apakah orang ini tampak seperti seseorang yang Anda ingin menangani keuangan Anda setelah hanya berbicara dengan mereka beberapa kali, jelas Douglas Boneparth, presiden dan pendiri Bone Fide Wealth.

Karena itu, ketika mewawancarai calon penasihat, Anda harus memberi perhatian ekstra pada gaya komunikasi mereka dan pastikan untuk mengajukan pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki, bahkan yang mungkin terasa terlalu terperinci atau kecil. [azz]

Baca juga:
Anda Kena PHK atau Dirumahkan, Coba 5 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan di Rumah
Pekerja Informal, Simak Tips Atur Keuangan Selama Ada Virus Corona
Bisnis Anda Terdampak Virus Corona, Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Menutup Usaha
Butuh Uang untuk Bayar Kebutuhan Tak Terduga, Coba Tiru Tips Berikut
Anda Kena PHK, Coba 3 Cara Jitu Atur Keuangan Agar Bisa Bertahan Saat Corona
Tips Jitu Atur Keuangan Agar Tak Jebol Selama Kerja dari Rumah

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
April 24, 2020 at 07:00AM
https://ift.tt/2S43fIG

4 Tips untuk Pasangan Agar Keuangan Tetap Stabil Selama Virus Corona | merdeka.com - merdeka.com
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Tips untuk Pasangan Agar Keuangan Tetap Stabil Selama Virus Corona | merdeka.com - merdeka.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.