Search

5 Tips Keuangan Hindari Kecemasan Finansial - iNews

JAKARTA, iNews.id - Kondisi perekonomian global hari ini membuat orang banyak memiliki kekhawatiran. Tentu hal tersebut tidak akan jauh dari ketakutan terhadap dampak finansial oleh Covid-19.

Seperti pada jajak pendapat dari TransUnion baru-baru ini. Terlihat kecemasan yang berbeda dari satu rumah tangga ke rumah tangga lainya. Sekitar 45 persen mengatakan, mereka atau pasangan mereka kehilangan pekerjaan, sementara 37 persen mengatakan jam kerja mereka telah berkurang, sebagian lainya mengatakan mereka khawatir akan pengeluaran bulanan.

Hal yang sangat wajar jika saat ini banyak orang memikirkan tentang kemampuan finansial, seperti kemampuan untuk membayar tagihan dan pinjaman. Itu berarti banyak yang ingin memangkas biaya bulanan saat ini. Dikutip dari CNBC Make It, berikut adalah lima tips yang dapat Anda lakukan jika perlu mengurangi anggaran bulanan.

Hindari Pemborosan Berlangganan

Dengan adanya kebijakan pemerintah untuk tetap di rumah saja, maka pembayaran berulang dapat bertambah. Terlebih jika Anda tidak memangkas anggaran. Itu sebabnya perlu melacak semua layanan berlangganan. Jika tidak ingat persis dengan langganan terdaftar, maka segera periksa laporan kartu kredit dan cari langganan yang mungkin Anda bayarkan setiap bulan.

Tentukan apa yang harus dipotong dengan memprioritaskan pengeluaran Anda, kata Ryan Hughes pendiri firma perencanaan keuangan Bull Oak Capital yang berbasis di San Diego Amerika Serikat. Putuskan apa yang penting dan apa yang bisa Anda pangkas. Mungkin hanya sementara sampai kondisi setelah pandemi membaik dan Anda kembali mandiri secara finansial.

Selain menemukan dan memotong langganan yang tidak penting, Hughes menyarankan untuk membuat anggaran agar lebih mudah untuk melacak uang Anda. “Melewati proses penganggaran akan memperlihatkan banyak biaya tersembunyi,” katanya.

Negosiasikan Tagihan

Bahkan jika penghasilan Anda belum terpengaruh oleh pandemi corona, menegosiasikan tagihan dapat menghemat banyak uang. Tagihan termudah untuk dinegosiasikan seperti langganan TV, ponsel, dan asuransi mobil. Bernegosiasi lewat telepon akan lebih membantu daripada mengirim email ke penyedia langganan Anda. Negosiasikan tentang penghematan apa yang Anda inginkan.

Jika penghasilan Anda terkena dampak Covid-19, pastikan mendapatkan informasi kemudahan pembayaran, karena mungkin saja saat ini perusahaan langganan memiliki program yang memudahkan.

Tinjau Ulang Pengeluaran untuk Internet

Jika Anda merasa cara pertama dan kedua di atas masih belum membantu. Anda bisa berhemat dengan mempertimbangkan penggunaan langganan paket data handphone dan internet rumah. Jika ada pilihan provider yang lebih murah, itu sangat membantu penghematan. Bahkan, jika ada lebih dari satu penyedia kabel atau internet di wilayah Anda, pertimbangkan untuk mendapatkan penawaran yang bisa memotong anggaran. Itu bisa sangat membantu pengeluaran.

Periksa Suku Bunga Kartu Kredit

Menegosiasikan suku bunga kartu kredit Anda menghasilkan penghematan besar. Mulailah dengan kartu terlama Anda terlebih dahulu, karena telah menjadi pelanggan paling lama di sana. Jika Anda memiliki banyak kartu, ada baiknya meminta pengurangan tarif pada semuanya, tetapi tentu mungkin memiliki lebih banyak keutamaan dengan kartu kredit terlama.

Batasi Pengeluaran Online

Begitu pengeluaran berlangganan dan suku bunga Anda sudah dikurangi sebanyak mungkin, fokuslah untuk menekan pengeluaran Anda lainya. Situs-situs e-commerce biasanya sangat mudah membuat Anda membeli barang secara online dan seringkali lupa akan anggaran yang dapat dipangkas. Untuk membantu pengeluaran Anda, pertimbangkan untuk mengeluarkan kartu kredit simpanan dari akun belanja online yang paling sering Anda kunjungi.

Anda juga harus meluangkan waktu untuk menetapkan batas pengeluaran bulanan spesifik untuk belanja online. Mengambil langkah ini dapat membedakan antara melampaui anggaran dan memiliki uang cadangan bulanan sampai keadaan kembali normal.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
April 26, 2020 at 11:34AM
https://ift.tt/2yGaDTR

5 Tips Keuangan Hindari Kecemasan Finansial - iNews
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Tips Keuangan Hindari Kecemasan Finansial - iNews"

Post a Comment


Powered by Blogger.