Search

Tips Membeli Rumah, Waktu dan Kemampuan Finansial Wajib Diperhatikan - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Banyak di antara Anda yang masih bingung dan mungkin bertanya-tanya, kapan waktu yang tepat untuk membeli rumah. Apakah sebaiknya membeli rumah saat lajang atau ketika sudah menikah? Menabung terlebih dahulu atau membelinya dengan kemampuan yang ada?

Pertanyaan tersebut mungkin sering muncul dalam benak Anda. Untuk dapat menjawabnya, beberapa tips berikut ini mungkin bisa jadi pertimbangan Anda dalam membeli rumah.

1. Waktu yang Tepat

Baik saat lajang maupun sudah menikah, semuanya dikembalikan kepada kondisi masing-masing, tidak ada yang salah dan benar. Namun jika Anda sudah memiliki rezeki dan siap, sebaiknya jangan menunda untuk membeli rumah. Pasalnya, harga properti akan terus naik setiap tahunnya.

2. Eligibility atau Kelayakan

Faktanya, harga properti selalu naik lebih cepat bila dibandingkan dengan pendapatan kita. Hal ini masuk akal, karena lahan adalah hal yang statis, sementara populasi manusia dinamis. Jadi, jika Anda menabung dahulu kemudian membeli rumah, kemungkinan rumah tersebut tidak dapat tercapai.

Berapapun penghasilan yang Anda peroleh, jika sudah mampu dan konsisten menyisihkan 30 persen dari pendapatan, kemungkinan Anda layak untuk mencicil rumah. Mengapa harus 30 persen? Sebab, rasio tersebut adalah porsi aman dari pendapatan Anda yang bisa dipakai untuk membayar cicilan. Rasio tersebut juga ditetapkan oleh bank sebagai level aman dalam membayar cicilan KPR.

3. BI Checking

Hal yang perlu diperhatikan dalam mengajukan KPR di bank saat membeli rumah, salah satunya adalah ketepatan waktu membayar cicilan pinjaman. Saat Anda mengajukan pinjaman, bank akan melakukan BI checking terlebih dahulu. Bank akan melihat rekam jejak Anda, apakah sering terlambat membayar kartu kredit atau tidak. Jika sering terlambat, bank kemungkinan akan menolak pengajuan KPR Anda.

Sebaiknya jangan pernah terlambat untuk membayar cicilan-cicilan yang Anda punya. Sebab, hal itu akan memberikan Anda rekam jejak negatif di Bank Indonesia. Jadi, jika ada cicilan kartu kredit, jangan pernah terlambat untuk membayar.

Untuk melihat tips seputar membeli rumah, Anda bisa menontonnya di channel Rumahdotcom yang ada di Vidio

2 dari 2 halaman

Saksikan videonya berikut ini:

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
April 24, 2020 at 01:00PM
https://ift.tt/353g2Aw

Tips Membeli Rumah, Waktu dan Kemampuan Finansial Wajib Diperhatikan - Liputan6.com
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Membeli Rumah, Waktu dan Kemampuan Finansial Wajib Diperhatikan - Liputan6.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.