Search

Puasa Saat Corona, Ini 10 Tips Ahli Gizi untuk Jaga Imunitas Tubuh - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Ramadhan kali ini hadir dengan tantangan yang lebih berat bagi umat muslim sedunia.

Tantangan itu adalah ancaman wabah virus corona yang mengharuskan kita untuk selalu menjaga imunitas tubuh dan kesehatan selama berpuasa.

Dalam siaran pers yang dibagikan oleh Royal Philips kepada awak media, hari ini (27/4/2020); Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, menjelaskan cara memenuhi kebutuhan sistem imunitas selama berpuasa.

Ahli gizi dan Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association ini berkata bahwa ketika berpuasa, kebutuhan tubuh akan zat gizi sebenarnya tidak berubah, hanya saja waktu makannya yang berbeda.

Baca juga: Ingin Bugar Selama Puasa, Sudah Tepatkah Menu Sahur Anda?

“Pada kebanyakan orang yang berpuasa, jam makan menjadi lebih pendek dibandingkan waktu tidak berpuasa dan mereka juga memiliki kecenderungan memilih makanan dan minuman yang manis menyebabkan kesempatan untuk memenuhi zat gizi terkait imunitas menjadi berkurang,” kata Dr. Rita.

Dia melanjutkan, untuk menjaga sistem imun tubuh, kita perlu mengonsumsi vitamin dan mineral melalui makanan yang sehat dan berimbang.

Memang benar bahwa vitamin dan mineral kini bisa didapatkan lewat suplemen. Namun, Rita berkata bahwa dalam mengonsumsi vitamin dan mineral lewat suplemen, kita harus memerhatikan dosis dan jenisnya.

Pasalnya, untuk vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A dan E, konsumsinya dalam bentuk suplemen yang berlebihan bisa mengakibatkan penumpukan dalam tubuh. Jika dibiarkan, penumpukan vitamin larut dalam lemak bisa bersifat toksik atau beracun bagi tubuh.

Baca juga: Suka Dalgona Coffee? Dokter Sarankan Berhenti Minum saat Bulan Puasa

Sebaliknya, jumlah vitamin dan mineral yang didapatkan dari makanan tidak akan menjadi toksisitas di dalam tubuh dan ketahanannya di dalam tubuh juga lebih lama.

Artinya ketika seseorang tidak mengonsumsi vitamin dan mineral pada kurun waktu tertentu, maka tidak akan langsung terjadi gejala defisiensi (kekurangan) vitamin pada tubuhnya.

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
April 28, 2020 at 10:08AM
https://ift.tt/3cXQ4RD

Puasa Saat Corona, Ini 10 Tips Ahli Gizi untuk Jaga Imunitas Tubuh - Kompas.com - KOMPAS.com
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Puasa Saat Corona, Ini 10 Tips Ahli Gizi untuk Jaga Imunitas Tubuh - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.