Search

Ingin Tetap Sehat Selama Puasa? Simak 4 Tips Ini - Harianhaluan.com

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Saat berpuasa di bulan Ramadhan akan semakin penuh kebaikan ketika menjalankan ibadah dengan benar. Jangan sampai puasa yang kita lakukan malah membuat kita sakit karena ada proses yang kita jalani tak sesuai tuntunan Rasulullah Muhammad SAW. 

Puasa akan membuat tubuh menjadi sehat ketika kita mengonsumsi makanan yang tepat dengan kuantitas yang juga sesuai. Lalu apa saja yang bisa hijabers lakukan agar puasa menjadi cara yang tepat untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Ada empat tips yang bisa dilakukan seperti dikutip dari Viva.co.id, Rabu (29/4/2020).

Berikut tips untuk mendapatkan puasa yang sehat:

1. Pastikan selalu sahur

Sahur penting buat kesehatan tubuh, dan Rasul juga meminta umat Muslim untuk sahur setiap kali berniat puasa. Meski sahur menginterupsi jam tidur, tapi tetap penting dilakukan. Sahur seperti sarapan, yang sebaiknya tak dilewatkan.  

Melewati artinya memperpanjang periode puasa karena tubuh Anda harus bergantung pada makanan sebelumnya untuk memberi Anda semua nutrisi dan energi sampai tibanya waktu berbuka puasa. Karena berpuasa berjam-jam lebih lama, Anda berpotensi dehidrasi dan lelah di siang hari. Melewatkan sahur juga mendorong makan berlebihan ketika berbuka puasa, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat.

2. Makan secukupnya saat berbuka puasa 

Sama seperti tidak disarankan untuk melewatkan sahur, makan berlebihan saat tiba waktunya berbuka puasa juga dapat membahayakan tubuh. Berbuka puasa bukan berpesta. Makanlah makanan yang seimbang dan bergizi. Terlalu banyak makan dan mengonsumi makanan berlemak tinggi secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan meningkatkan penambahan berat badan. Makanlah dengan perlahan dan nikmati setiap suapan hidangan berbuka puasa yang tersedia.

3. Hindari makan gorengan, makanan asin dan makanan tinggi gula


Tidak jarang orang yang berpuasa merasa layak merayakan puasa dengan berbuka dan makan sepuasnya. Termasuk menghadiahi diri dengan hidangan yang berminyak, digoreng, dan bergula. Walaupun makanan ini membuat Anda merasa enak dalam jangka pendek, mereka bisa membuat puasa keesokan harinya menjadi lebih sulit.

Selain dari kenaikan berat badan yang tidak sehat, mengonsumsi makanan berlemak dan bergula juga menyebabkan kelesuan dan kelelahan. Selain itu, Anda harus membatasi asupan garam, terutama selama sahur (makanan sebelum fajar), karena ini meningkatkan rasa haus.

Sebagai gantinya, cobalah memasukkan makanan dari semua kelompok makanan utama termasuk buah dan sayuran, beras dan alternatifnya, serta daging dan alternatifnya. Mengonsumsi makanan kaya serat selama bulan Ramadhan juga ideal karena dicerna lebih lambat dari makanan olahan sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Minumlah air sebanyak mungkin

Minum sebanyak mungkin air antara waktu sahur dan berbuka bisa mengurangi risiko dehidrasi selama puasa. Usahakan untuk minum setidaknya 8 gelas cairan setiap hari sebelum fajar dan setelah matahari terbenam. Cairan termasuk jus, susu, minuman dan sup, tetapi air putih adalah pilihan terbaik. Idealnya, kurangi juga minuman berkafein seperti kopi, teh dan cola karena ini memiliki efek diuretik dan meningkatkan kehilangan cairan.

Itulah empat tips yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh tetap sehat selama berpuasa. Diet yang seimbang adalah kunci puasa sehat selama bulan Ramadhan. (*)

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
April 29, 2020 at 06:20PM
https://ift.tt/3bIYr3b

Ingin Tetap Sehat Selama Puasa? Simak 4 Tips Ini - Harianhaluan.com
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ingin Tetap Sehat Selama Puasa? Simak 4 Tips Ini - Harianhaluan.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.