Search

Jangan Galau Kantong Tipis, Ini Tips Cuan Saat Ramadhan - Detikcom

Jakarta -

Pandemi COVID-19 bikin banyak orang galau karena kehilangan pundi-pundi rupiah. Ada yang gajinya dipotong, dirumahkan tanpa digaji, hingga kena pemutusan hubungan kerja (PHK). Namun jangan kelamaan pusing memikirkan isi dompet yang makin tipis.

Pakar marketing Hermawan Kartajaya membagikan tips meraih cuan di tengah merebaknya virus Corona, bertepatan dengan momen Ramadhan. Tips tersebut dia bagikan melalui Live IG Tolak Miskin di Instagram @detikcom. Bagi yang tidak sempat menyaksikan atau tak sempat mencatat, ini dia tipsnya.

"Yang paling dibutuhkan orang dengan suasana Ramadhan adalah buka puasa. Buka puasa, orang juga nggak berani kumpul-kumpul. Keluarga bisa home cooking kan. Tapi kita bisa tawarkan untuk kebutuhan Ramadhan untuk buka puasa. Apa yang bisa kita tawarkan dengan menu-menu yang lain daripada home cooking," kata dia Kamis (23/4/2020).

Menurutnya masyarakat tidak mungkin selama empat minggu berpuasa, berbukanya dengan menu yang itu-itu saja. Ada kalanya mereka jenuh dan ingin memakan menu lain. Nah, kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan menjadi ladang usaha.


Apalagi sekarang banyak jasa kurir instan, yang cuma hitungan jam, barang sudah sampai di tangan pelanggan. Hal tersebut tentu memudahkan kita di tengah pandemi COVID-19 untuk bisa berbisnis.

"Sekarang sudah ada Gojek, delivery yang lain, Grab, dan sebagainya. Jadi mesti kayak begitu. Yang masih memungkinkan adalah sekarang sahur pagi, mungkin menyiapkan malamnya untuk pagi sahur. Kemudian buka puasa. Ini yang saya lihat paling memungkinkan," jelasnya.

Buat yang sudah berumahtangga lebih enak lagi, bisa bekerja sama. Sang istri bagian memasak menu yang akan dijual, si suami yang memikirkan pengirimannya dan menyiapkan bahan baku masakan.

"Jadi kita sekarang harus berpikir sebagai wirausaha. Kalau wirausaha itu tidak pernah menyerah, nggak pernah menyerah. Jadi ada apapun tantangan ini, kan krisis itu selalu ada bahaya tapi ada opportunity," tambahnya.

Simak Video "Tips Atasi Bisnis Lesu karena Corona Merebak"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
April 23, 2020 at 07:45PM
https://ift.tt/3eIZ0vR

Jangan Galau Kantong Tipis, Ini Tips Cuan Saat Ramadhan - Detikcom
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jangan Galau Kantong Tipis, Ini Tips Cuan Saat Ramadhan - Detikcom"

Post a Comment


Powered by Blogger.