Search

3 Tips Ciptakan Anggaran Keuangan yang Realistis - iNews

JAKARTA, iNews.id - Menurut survei Credit.com pada 2019 silam, 60 persen yang menyebabkan seseorang gagal mengelola keuangan adalah karena tidak memiliki anggaran bulanan. Penyebab terbesar tidak memiliki anggaran adalah karena tidak tahu cara membuatnya.

Tiffany Aliche pakar keuangan pribadi dan pendiri The Budgetnista mengatakan, tidak sulit untuk membuat anggaran yang sederhana dan realistis. “Saya menyukai anggaran karena saya melihat anggaran sebagai sebuah perencanaan sekaligus penentu,” kata Aliche. 

Apa pun yang Anda inginkan bisa langsung cek anggaran dan mencari tahu bagaimana dapat mewujudkan keinginan tersebut. Jika suatu saat ingin pergi berlibur, anggaran tersebut dapat mengantar Anda sampai ke sana jika dapat menghemat uang. Apa pun permasalahanya, anggaran keuangan dapat membuat pengelolaan uang Anda terasa mudah. Dikutip dari Grow Acorns, berikut adalah tiga tips yang direkomendasikan Aliche untuk membangun anggaran yang sangat realistis:

Buat Daftar Semua Pengeluaran Bulanan

Langkah pertama, kata Aliche adalah mencari tahu apa yang Anda belanjakan. Itu berarti membuat daftar semua pengeluaran Anda, termasuk biaya bulanan tetap, seperti harga sewa, makanan, kendaraan, langgan dan lainya. Untuk menemukan semua informasi itu, mulailah dengan periksa tagihan kartu kredit dan laporan bank Anda. Anda mungkin perlu cek beberapa bulan terakhir untuk mendapatkan info tentang apa yang secara rutin dibelanjakan. Ingatlah bahwa ini dapat membantu mengatur pengeluaran ke mana uang Anda akan dihabiskan.

Cari Tahu Berapa Pengeluaran

Setelah Anda memiliki daftar uang yang komprehensif, langkah berikutnya adalah menghitung berapa banyak yang dibelanjakan untuk setiap item. Setelah mencari tahu pengeluaran seperti makanan, rumah atau pembayaran mobil, maka Anda harus melakukan perhitungan dan membuat rata-rata.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan hal ini sendiri, maka ada beberapa aplikasi penganggaran yang akan sangat membantu dengan mengunduhnya di smartphone. Akan sangat membantu secara otomatis menyusun dan mengelompokkan pengeluaran Anda.

Sesuaikan Gaji untuk Pengeluaran

Anda harus kalkulasikan semua pengeluaran bulanan rata-rata dan membandingkan totalnya dengan gaji serta biaya perjalanan kerja Anda. Akan dengan mudah untuk mengetahui jika pengeluaran ternyata lebih besar dari penghasilan Anda saat ini. Hal tersebut sangatlah baik sebagai pemetaan keuangan, karena Anda dapat mencari tahu bagaimana sebenarnya kondisi nyata finansial Anda.

"Jika Anda menemukan bahwa angka itu negatif pada akhirnya, itu berarti Anda menghabiskan terlalu banyak," kata Aliche. 

Maka langkah ini akan memberitahu Anda bahwa perlu memotong beberapa pengeluaran guna merampingkan anggaran bulanan.Pastikan Anda tahu kemana uang itu pergi. Jika Anda tidak melakukannya, itu berarti uang Anda bisa melayang secara sia-sia tanpa perhitungan. Cara terbaik untuk menghindari pengeluaran uang ekstra di masa depan adalah dengan secara otomatis mengarahkan uang ke rekening tabungan, atau investasikan segera sehingga Anda tidak akan tergoda untuk membelanjakannya.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
April 26, 2020 at 09:46PM
https://ift.tt/3bL8YLq

3 Tips Ciptakan Anggaran Keuangan yang Realistis - iNews
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Tips Ciptakan Anggaran Keuangan yang Realistis - iNews"

Post a Comment


Powered by Blogger.