Search

Tips Latihan Tinju di Rumah dari Ongen Saknosiwi Olahraga • 22 April 2020 20:01 - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Petinju profesional Indonesia, Ongen Saknosiwi, memberikan sejumlah tips gerakan tinju yang bisa dilakukan di rumah selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) darurat virus corona (covid-19).

Pria kelahiran Maluku itu mencatat sejarah baru sebagai petinju Indonesia pertama yang meraih gelar juara dunia tercepat yang didapat kurang dari 10 pertarungan. Rekor ini didapat setelah ia memenangkan pertandingan melawan Marco Demecillo asal Filipina dalam laga kelas bulu versi International Boxing Association (IBA) pada akhir 2019 lalu.

Dia menjelaskan, gerakan tinju sangat mudah dilakukan di rumah bahkan di ruangan yang tidak terlalu luas. Gerakan-gerakan itu juga bisa dilakukan oleh pemula termasuk para pembaca CNNIndonesia.com.

Berikut tips gerakan tinju yang bisa dilakukan di rumah dari Ongen Ongen Saknosiwi:

1. Gerakan Shadow Boxing

Shadow boxing merupakan gerakan memukul bayangan. Pastinya gerakan ini mudah dilakukan dan bisa membuat tubuh kita berkeringat.

Di olahraga tinju hanya ada empat gerakan utama; jab, straight, hook dan uppercut. Keempat gerakan pukulan ini bisa dicoba untuk dilakukan.

2. Buat Variasi Gerakan

Dalam pelaksanaannya, keempat gerakan tinju bisa dilakukan bervariasi.

Ongen menyarankan untuk melakukan pemanasan agar tidak terjadi cedera. Usai pemanasan, kaki membuat kuda-kuda sebelum melakukan shadow boxing.

Ongen Saknosiwi petinju profesional Indonesia. (Ongen Saknosiwi petinju profesional Indonesia. (Mahkota Boxing Series)
Setelah itu, lakukan jab sebanyak dua kali, kemudian straight sekali dan ditutup dengan hook kiri. Gerakan kedua dari Ongen yakni, sekali jab, sekali straight, dam hook kiri ditambah uppercut kanan.

Gerakan selanjutnya bisa divariasikan sendiri supaya tidak bosan. Waktu setiap gerakan juga diatur, misalnya tiga menit shadow boxing kemudian satu menit istirahat dan dilakukan sebanyak empat sampai enam ronde.

3. Gerakan Lain di Luar Shadow Boxing

Supaya tidak bosan dengan gerakan shadow boxing, Ongen yang juga prajurit TNI Angkatan Udara itu menyarankan untuk melakukan gerakan lain di luar tinju.

Tips Latihan Tinju di Rumah dari Ongen Saknosiwi
Misalnya melakukan skipping atau jogging di halaman rumah selama 30 menit sampai satu jam. Buat Ongen, terpenting adalah mengusahakan tubuh berkeringat. Selain itu bisa juga gerakan lain seperti push up dan sit up.

"Berolahraga kan cari sehat, jadi lakukan dengan senang biar tidak jenuh. Lakukan apa saja supaya kita tetap berkeringat saat di rumah," ucap Ongen.

[Gambas:Video CNN] (TTF/bac)

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
April 22, 2020 at 08:01PM
https://ift.tt/3cDnNj2

Tips Latihan Tinju di Rumah dari Ongen Saknosiwi Olahraga • 22 April 2020 20:01 - CNN Indonesia
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Latihan Tinju di Rumah dari Ongen Saknosiwi Olahraga • 22 April 2020 20:01 - CNN Indonesia"

Post a Comment


Powered by Blogger.