Search

5 Tips dan Trik Mengolah Seafood ala Yummy, Memasak Jadi Mudah! - IDNTimes.com

Seafood atau makanan laut menjadi favorit banyak orang ketika memesan makanan di restauran. Walaupun harganya lebih mahal, namun rasa seafood yang khas menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Seringkali seafood yang dijual di restoran disajikan dalam porsi sedikit, sehingga rasanya masih ingin menikmati kelezatan seafood lagi.

Tenang saja, kini kamu bisa menikmati olahan seafood yang kamu inginkan dengan memasaknya sendiri di rumah. Jangan takut akan bau amis atau tidak mengerti bagaimana cara mengolah seafood dengan baik. Dengan Yummy App kamu tetap bisa #MasakDiRumahAja dan menemukan beberapa tips dalam mengolah seafood.

Berikut merupakan beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba saat ingin memasak seafood di rumah.

1. Mengupas cangkang lobster 

5 Tips dan Trik Mengolah Seafood ala Yummy, Memasak Jadi Mudah!yummy.co.id

Memasak lobster memang terkadang susah-susah gampang. Dibutuhkan teknik yang pas agar daging lobster dapat diolah dengan baik. Memisahkan daging lobster dengan cangkangnya ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Dengan tips dari Yummy kamu bisa jadi #JagoMasak lobster di dapur.

Bahan yang kamu butuhkan adalah lobster, lada, garam dan juga sedikit lemon. Adapun cara mengupas cangkangnya adalah sebagai berikut.

Langkah-langkah:

  1. Siapkan lobster yang ingin diolah dan cuci dengan air hingga bersih.
  2. Setelah bersih, ambil talenan dan letakkan lobster yang telah dicuci di atasnya. Pegang bagian ekor lobster dengan satu tangan, lalu tangan lainnya memegang bagian kepala. Dengan perlahan tarik bagian kepala dan lepaskan perlahan.
  3. Kemudian balik lobster di bagian belakang pegang bagian kepala yang dekat bagian perut lalu tarik perlahan-lahan hingga putus. Kemudian cuci dengan air bersih.
  4. Ambil pisau dan mulai belah bagian depan ekor lobster, tekan pisau dan tusuk dari bawah lurus hingga ke depan dan jangan terputus.
  5. Lalu robek cangkang yang telah terbelah tadi dan angkat daging lobster, bersihkan daging dan angkat kotoranmya.
  6. Daging lobster selanjutnya siap diolah dengan terlebih dahulu dimarinasi dengan garam, lada, dan perasan lemon.

 2. Membersihkan kerang atau remis  

5 Tips dan Trik Mengolah Seafood ala Yummy, Memasak Jadi Mudah!yummy.co.id

Olahan kerang juga tidak kalah nikmat menjadi santapan menemani makan siangmu. Kamu bisa membuat menu olahan kerang di rumah dengan membeli jenis kerang kesukaanmu di pasar. Misalnya saja kerang hijau, kerang dara ataupun kerang batu. Namun pastikan kamu telah membersihkan kerang dengan baik dan benar.

Bahan yang kamu butuhkan untuk membersihkan kerang adalah beberapa siung bawang putih, lemon dan juga beberapa ruas jahe untuk merebus. Ikuti langkah di bawah ini agar kerang dapat kamu olah dengan baik dan tidak berbau amis.

Langkah-langkah:

  1. Cuci kerang dengan air mengalir, lalu tiriskan.
  2. Siapkan panci untuk merebus air dan nyalakan api sedang untuk merebus. Setelah mendidih masukkan kerang ke dalam air rebusan.
  3. Geprek bawang putih dan jahe lalu masukkan ke dalam air rebusan dan beri beberapa perasan lemon.
  4. Setelah 10 menit, matikan api dan tiriskan kerang dari air rebusan. Setelah itu bilas kerang satu per satu denagn air mengalir untuk membersihkan sisa pasir di dalamnya.
  5. Kerang siap diolah menjadi menu andalan kesukaan keluarga.

Baca Juga: Sedang Stres? 7 Sup Seafood dan Ikan Ini Lezatnya Menenangkan Pikiran

3. Memasak udang dengan kematangan yang pas 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Tips dan Trik Mengolah Seafood ala Yummy, Memasak Jadi Mudah!pixabay.com/Shedquarters

Siapa yang tidak suka kelezatan dari masakan udang, baik itu sebagai bahan utama ataupun pelengkap dalam masakan. Udang selalu menjadi pilihan yang tepat untuk menu seafood yang bisa diolah sesuai selera. Namun dalam memasak udang dibutuhkan teknik khusus agar kematangannya sesuai dan cita rasanya tetap terjaga.

Jika hanya ingin digoreng biasa, cukup nyalakan api sedang dan perhatikan hingga kulitnya memerah lalu angkat dan tiriskan. Namun jika ingin memasak udang sebagai bahan pelengkap masakan bisa dengan cara berikut

Cara memasak:

  1. Buang kotoran udang lalu cuci bersih dengan air mengalir.
  2. Marinasi udang dengan perasan lemon, garam dan juga lada. Lalu tunggu hingga udang siap dimasak.
  3. Nyalakan api sedang, panaskan minyak atau butter lalu goreng udang setengah matang hingga berwarna oranye. Angkat udang dan tiriskan.
  4. Selanjutnya masak bumbu-bumbu dan bahan lainnya, lalu saat hampir matang masukkan kembali udang yang telah digoreng setengah matang tadi.
  5. Setelah 7 menit, matikan api agar udang tidak overcooked. Karena jika terlalu matang, udang akan memiliki tekstur yang alot seperti karet.

4. Fillet daging ikan  

5 Tips dan Trik Mengolah Seafood ala Yummy, Memasak Jadi Mudah!unsplash.com/Caroline A

Harga daging fillet memang agak lebih mahal dibanding dengan membeli daging yang masih ada tulangnya. Jika kamu ingin bereksperimen dan memanfaatkan semua bagian tubuh dari ikan kamu bisa belajar membuat fillet daging sendiri. Daging ikan walaupun memiliki duri dan tulang yang lebih kecil dibanding daging ayam atau sapi tetap bisa di fillet dengan mudah.

Cara fillet daging ikan:

  1. Siapkan satu ekor ikan yang telah dicuci bersih dan dibuang kotorannya.
  2. Iris tepat dibagian bawah kepala dan rasakan hingga menyentuh tulang rangka ikan, gunakan pisau yang tajam agar bisa mengiris daging dengan sempurna.
  3. Kemudian serong pisau ke arah dalam dan iris bagian punggung ikan sampai ke bagian ekor.
  4. Selanjutnya bagian daging dan kulit tersebut akan dipisahkan dengan cara mengiris tepat di bagian bawah kulit di atas daging.
  5. Sayat dari bagian belakang ekor hingga ke depan, dan bersihkan sisa-sisa kulit jika masih ada yang menempel. Daging ikan fillet siap dimasak sesuai selera. Jika ingin disimpan bisa ditambahkan potongan lemon dan simpan dalam freezer.

5. Membuat kaldu seafood 

5 Tips dan Trik Mengolah Seafood ala Yummy, Memasak Jadi Mudah!yummy.co.id

Daripada menambahkan kaldu bubuk instan lebih baik membuat kaldu segar dari sisa kepala udang yang tidak terpakai. Selain cita rasanya yang khas dan kuat juga sangat sehat karena langsung dibuat dari udang segar asli. Kaldu seafood ini bisa kamu gunakan untuk meningkatkan rasa masakan juga dapat disimpan beberapa hari di kulkas. Cara membuatnya cukup mudah dan sederhana yakni sebagai berikut.

Cara membuat:

  1. Kepala udang yang telah dicuci bersih ditumis dengan sedikit minyak dan berubah warna menjadi kecokelatan.
  2. Setelah itu masukkan air ke dalam tumisan hingga air rebusan mendidih.
  3. Ambil saringan kecil dan perlahan buang busa-busa yang mengapung diatas air rebusan.
  4. Masak dengan api sedang hingga air menjadi keruh dan sedikit surut.
  5. Saring dan pisahkan kepala udang dengan air kaldu, setelah itu air kaldu bisa langsung digunakan ataupun disimpan di kulkas. Pastikan air telah dingin dan simpan di wadah yang kedap udara sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu pilih saat ingin memasak seafood. Kini kamu bisa membuat seafood kesukaanmu di rumah dengan mudahnya. Berkat Yummy App memasak seafood menjadi menyenangkan karena #MasakItuGampang.

Baca Juga: Resep Membuat Sup Vegetarian ala Yummy yang Sehat Banget!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
April 22, 2020 at 09:19PM
https://ift.tt/2xT7ShR

5 Tips dan Trik Mengolah Seafood ala Yummy, Memasak Jadi Mudah! - IDNTimes.com
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Tips dan Trik Mengolah Seafood ala Yummy, Memasak Jadi Mudah! - IDNTimes.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.