JAKARTA, KOMPAS.com - Wabah pandemi Covid-19 membuat banyak usaha di berbagai sektor gelagapan akibat menurunnya jumlah pendapatan.
Oleh sebab itu, penting untuk mendapatkan kepercayaan para konsumen agar usaha bisnis yang dijalani tetap bisa hidup di situasi saat ini.
Co-founder Men's Republic Yasa Singgih mengatakan ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen.
Baca juga: CEO Grab Klaim Perusahaannya Mampu Hadapi Resesi dalam 3 tahun
"Pertama, kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk berempati pada keadaan seperti ini dan membantu agar pandemi cepat selesai seperti misalnya melakukan penyemprotan disinfektan di gudang kita," ujarnya dalam live streaming SME Academy Talks, Kamis (16/4/2020).
Selain itu, lanjut dia, perlu juga dilakukan langkah pengecekkan suhu kepada para karyawan sebelum memasuki area kerja. Langkah preventif ini perlu diberitahukan kepada customer sehingga dinilai ada upaya yang dilakukan saat pandemi corona.
Kedua, menjual barang dengan harga normal. Dengan menjual barang dengan harga normal, pelaku usaha akan mendapatkan transaksi, juga bisa menarik rasa kepeduliaan konsumen ke usaha yang dijalani.
Baca juga: IMF Sebut 100 Negara Sudah Ajukan Permintaan Dana Talangan
Ketiga, menjaga komunikasi baik dengan konsumen. Cara ini sangat penting karena dengan cara mengkomunikasikan atau menceritakan keadaan dan kondisi usaha saat ini, customer bisa lebih paham dan mengerti.
"Kita bisa kasih tahu dengan baik tentang situasi kita, tentang cara survive kita seperti menjual masker tadi. Kita kasih tahu saja kalau kita menjual masker enggak bisa gratis karena dengan customer membeli masker ini bisa menolong karyawan kami, setidaknya mereka lebih peduli lagi," katanya.
Selain itu, komunikasi juga perlu dilakukan kepada karyawan. Paling tidak untuk saling memberi dukungan dan masukan agar usaha yang sedang dijalani masih bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19.
Baca juga: HGU Lahan di RUU Cipta Kerja Jadi 90 Tahun, Lebih Lama dari Aturan Zaman Kolonial
"tips" - Google Berita
April 16, 2020 at 06:32PM
https://ift.tt/3bjKtVe
3 Tips Mendapatkan Kepercayaan Konsumen di Tengah Pandemi Covid-19 - Kompas.com - KOMPAS.com
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7
Bagikan Berita Ini
0 Response to "3 Tips Mendapatkan Kepercayaan Konsumen di Tengah Pandemi Covid-19 - Kompas.com - KOMPAS.com"
Post a Comment