Search

Tips Antiboros ala Perencana Keuangan Ligwina Hananto: 'Masak Sendiri!' - Suara.com

Suara.com - Ada satu tips kolot tapi mumpuni dalam mengatasi masalah kebiasaan boros seseorang, dan hal tersebut sudah dibuktikan berhasil oleh perencana keuangan ternama Tanah Air-- Ligwina Hananto, yaitu masak makananmu sendiri!

Lewat sebuah utas di media sosial Twitter, perempuan yang akrab disapa Wina (@mrshananto) tersebut mengaku pernah hanya memiliki sisa uang tabungan Rp 119.200.

Tips antiboros dari Ligwina Hananto (Twitter/mrshananto)
Tips antiboros dari Ligwina Hananto (Twitter/mrshananto)

Padahal ia dan suaminya memiliki pekerjaan bagus dengan penghasilan yang baik. Usut punya usut, kebiasannya membeli makanan untuk dikonsumsi sehari-hari menyebabkan ia dan suami kesulitan untuk menabung.

"Zaman dulu, saldo tabunganku dan suami pernah cuma Rp119.200. Padahal punya kerjaan bagus. Ada apa sih? Ternyata boros! Tips gampang buat gak boros apa? MASAK SENDIRI! Gak percaya? Thread berfaedah!," tulis Wina memulai utasnya di Twitter yang telah dibagikan ulang sebanyak 11 ribu lebih.

Ia mengatakan, membeli makanan di luar memang praktis. Tapi jika dilakukan terus-menerus, kebiasaan tersebut malah terkesan boros dan membuat penghasilan terbuang percuma.

Wina kemudian menjabarkan hitung-hitungan sederhana sesuai kebiasaan keluarganya makan. Ia menulis, setiap Rp 240 ribu uang yang ia keluarkan untuk memesan atau membeli makanan di luar, bisa setara dengan Rp 120 ribu membeli bahan makanan. Itu artinya, uang keluar dua kali lipat untuk memesan makanan di luar.

"Hemat Rp120.000 1 weekend. Dalam 4 mg = Rp480.000. Dalam 40 mg = Rp4.800.000. Asli bisa buat jalan2 kan duit segitu.Coba bikin hitungan kamu sendiri!," tambah Wina dalam utas selanjutnya.

Apalagi, para pejuang masak sendiri kini semakin dipermudah dengan adanya bumbu-bumbu praktis harga murah yang dijual di pasaran. Salah satunya adalah bumbu praktis dari Saori.

"Bahan: Daging sapi, bwg bombay, Saori lada hitam, paprika hijau & merah, 2sdm minyak goreng. Cara buat: potong dadu daging sapi dan paprika. Iris bawang bombay, tumis daging sapi hingga berubah warna, masukkan bwg bombay & paprika, masukkan Saori lada hitam," tulis Wina lagi disertai salah satu menu sederhana favoritnya yang ia sebut praktis dan murah.

Unggahan tersebut sontak menuai banyak reaksi warganet. Salah satunya datang dari akun Twitter @markeong, "Kemarin suka bgt jajan, sehari 40-50rb... Eh eh eh akhir bulan, puasa cari akal biar akhir bkn gak puasa, MASAK... Mayan kalo per hari bisa savecost sampe 20rb... Pengeluaran bwt makan 20-30rb bwt 4org," tulisnya.

Hmmm dengan hitung-hitungan di atas, sudah kah kamu berpikir untuk beralih menjadi pejuang masak?

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
February 20, 2020 at 03:27PM
https://ift.tt/2PcvcfY

Tips Antiboros ala Perencana Keuangan Ligwina Hananto: 'Masak Sendiri!' - Suara.com
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Antiboros ala Perencana Keuangan Ligwina Hananto: 'Masak Sendiri!' - Suara.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.