Search

Tips dari BNPB saat Banjir Melanda - Okezone

JAKARTA - Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo memberikan pesan sekaligus tips kepada masyarakat agar melakukan beberapa hal saat air banjir mulai masuk ke dalam rumah.

Pertama, Agus berkata jika air mulai masuk maka matikan semua jaringan listrik, cabut alat-alat yang masih tersambung dengan listrik.

“Jangan menyentuh peralatan yang bermuatan listrik apabila berdiri di atas/dalam air,” kata Agus dalam keterangannya, Minggu (23/2/2020).

Kedua, lanjut dia, Jika ada perintah evakuasi dan harus meninggalkan rumah. Kemudian, jangan berjalan di arus air. Beberapa langkah berjalan di arus air dapat mengakibatkan jatuh. 

“Apabila harus berjalan di air, berjalanlah pada pijakan yang tidak bergerak. Gunakan tongkat atau sejenisnya untuk mengecek kepadatan tempat Anda berpijak,” ucapnya.

Dilanjutkannya saat mengungsi apabila ada pihak keluarga dan anggota keluarga yang rentan, manula, berkebutuhan khusus dibawa ke ketempat yang aman atau di arahkan oleh RT, RW atau petugas terkait sebagai langkah awal jauh sebelum air banjir meningkat.

Apabila air mulai naik, abaikan mobil dan keluarlah ke tempat yang lebih tinggi. Apabila hal ini tidak dilakukan, khawatir dapat tersapu arus banjir dengan cepat.

“Waspada saluran air atau tempat melintasnya air yang kemungkinan akan dilalui oleh arus yang deras karena kerap kali banjir bandang tiba tanpa peringatan,” ujar Agus.

(Ari)

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
February 23, 2020 at 11:46PM
https://ift.tt/2SRcmgp

Tips dari BNPB saat Banjir Melanda - Okezone
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips dari BNPB saat Banjir Melanda - Okezone"

Post a Comment


Powered by Blogger.