Search

3 Tips Mudah Lolos SNMPTN 2020, Salah Satunya Melihat Daya Tampung PTN - Suara.com

Suara.com - Lolos SNMPTN tentu menjadi harapan banyak pelajar. Terdapat beberapa tips lolos SNMPTN yang bisa diterapkan.

Sejak 14 Feburari 2020, Seleksi Nasional Penerimaan Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 telah dimulai. Siswa seringkali menemui kebimbangan ketika menentukan pilihan dalam mendaftar SNMPTN. Lantas, apa sajakah yang perlu diperhatikan agar dapat memaksimalkan peluang lolosnya? 

Banyak calon mahasiswa yang menganggap bahwa lolos SNMPTN adalah sepenuhnya mengenai keberuntungan. Padahal, selain keberuntungan, ada kiat-kiat yang bisa dipelajari agar calon mahasiswa bisa lolos seleksi ini. 

1. Indeks sekolah memengaruhi

SNMPTN bukan sekadar tentang siapa yang memiliki nilai tertinggi di sekolah. Meski proses pemilihan siswa yang bisa ikut mendaftar SNMPTN berdasarkan pemeringkatan sekolah, tapi indeks sekolah juga memengaruhi lolos-tidaknya siswa dalam seleksi nasional ini. Seperti akreditasi, jenis jurusan kelas, IPK dan prestasi alumni  di PTN yang dituju, ataupun track record sekolah selama SNMPTN tahun sebelumnya.

PTN akan melihat nilai rapor siswa dan siapa yang mengeluarkannya sesuai dengan indikator penilaian yang mereka miliki. 

2. Memahami aturan pemilihan PTN dan program studi

Pahami aturan pemilihan PTN dan program studi, seperti:

  1. Siswa hanya diperkenankan memilih masing-masing dua program studi untuk dua PTN.
  2. Perhatikan pula urutan pemilihan prodi dan PTN yang menjadi prioritas siswa karena seleksi akan dilakukan berdasarkan pilihan pertama program studi.
  3. Bagi siswa SMK, pemilihan program studi dapat direlevankan dengan jurusan masing-masing sesuai dengan ketentuan PTN. 
  4. Selain itu, siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.
  5. Siswa pendaftar pada program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah

3. Melihat daya tampung tiap PTN dan program studinya

Nah, yang ketiga, melihat daya tampung tiap PTN dan program studinya. Siswa dapat mengakses laman https://web.snmptn.ac.id/ptn untuk melihat daftar PTN dan daya tampung program studinya.  Perhatikan juga informasi detail seperti daftar jurusan apa yang bisa memilih program studi tertentu, sebaran siswa yang diterima, jumlah pendaftar dan jumlah yang diterima, jumlah siswa yang diterima berdasarkan jurusan, dan jumlah siswa yang diterima berdasarkan provinsi.

Pendaftaran SNMPTN bisa dilakukan dengan mengakses https://portal.ltmpt.ac.id/. Siswa juga dapat mengakses informasi mengenai SNMPTN di http://www.snmptn.ac.id/.

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
February 26, 2020 at 03:52PM
https://ift.tt/2uw8KXX

3 Tips Mudah Lolos SNMPTN 2020, Salah Satunya Melihat Daya Tampung PTN - Suara.com
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Tips Mudah Lolos SNMPTN 2020, Salah Satunya Melihat Daya Tampung PTN - Suara.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.