Search

Musim Hujan, Ini Tips Kelistrikan yang Harus Dipahami Masyarakat - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Sejumlah hal perlu diwaspadai saat musim penghujan, termasuk masalah kelistrikan.

Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan saat banjir meskipun PT Perusahaan Listrik Negara ( PLN) akan memadamkan listrik, jika rumah warga atau gardu distribusi dan gardu induk terendam banjir.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan masyarakat ketika banjir yaitu menghindari bahaya tersengat aliran listrik, dengan mematikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB) di kWh meter.

"Selanjutnya cabut seluruh peralatan listrik yang masih menancap dan naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman," kata Ikhsan kepada Kompas.com, Minggu (23/2/2020) sore.

Lebih lanjut, jika banjir terjadi sementara listrik belum dipadamkan PLN, masyarakat diminta untuk segera melaporkannya melalui nomor telepon 123 atau menghubungi kantor PLN terdekat.

Baca juga: PLN, Zukifli Zaini dan Tunggakan Kompensasi Listrik...

Setelah banjir surut, Ikhsan menambahkan, pastikan seluruh alat elektronik dan instalasi listrik dalam keadaan kering.

"Penormalan listrik oleh PLN akan dilakukan apabila instalasi PLN maupun warga sudah dalam kondisi kering dan siap dialiri listrik," ujarnya.

Penyalaan listrik ini akan dilakukan dengan didahului pendatanganan berita acara yang disaksikan Ketua RT, Ketua RW, atau tokoh masyarakat setempat.

"Kami juga mengimbau apabila datang hujan, jangan berteduh di dekat instalasi kelistrikan seperti tiang listrik, gardu listrik, maupun tiang lampu penerangan jalan untuk menghindari bahaya tersengat arus listrik," tutur dia.

Arus listrik bocor

Menurut Ikhsan, masyarakat perlu menggunakan alat pengaman diri seperti sepatu boots yang kedap air apabila melewati genangan untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan termasuk arus listrik bocor.

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
February 23, 2020 at 08:05PM
https://ift.tt/2umkAnq

Musim Hujan, Ini Tips Kelistrikan yang Harus Dipahami Masyarakat - Kompas.com - KOMPAS.com
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Musim Hujan, Ini Tips Kelistrikan yang Harus Dipahami Masyarakat - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.