Search

Nyalip Aman Tanpa Tersambar Truk, Ini Tips dari Sopirnya - Detikcom

Tangerang -

Truk memiliki dimensi besar yang memiliki titik buta atau blind spot bagi pengemudinya. Karenanya, banyak kecelakaan lalu lintas yang disebabkan sopir truk tidak melihat kendaraan lain di dekatnya karena terhalang titik buta tersebut.

Ada beberapa tips yang dibagikan para sopir truk agar pengendara lain tidak tersambar truk. Setidaknya dengan menghindari area titik buta alias blind spot.

Mengutip Federal Motor Carrier Safety Administration (FMCSA) titik buta ada di bagian depan truk itu sendiri atau jaraknya sekitar 20 kaki atau 6 meter dari moncong truk.

Titik buta kedua berada tepat di belakang truk, 30 kaki atau sampai 9 meter di belakangnya. Sedangkan titik buta ketiga berada di sisi kanan truk, tempat pengemudi berada. Posisinya sedikit tegak lurus, lalu diagonal ke belakang dengan sedikit menyerong.

Sementara titik buta keempat berada di sisi kiri truk, di mana sopir tak dapat melihat dengan jelas.

Hal ini juga diamini oleh salah satu sopir truk Ahmad Saiful Hanafi dari PT Alam Widjajatrans. Pria yang sudah berkecimpung menjadi sopir truk sejak tahun 1997 ini mengimbau agar pengemudi lain lebih sabar ketika berhadapan dengan armada truk besar.

"Kalau kita bawa truk besar melihat bagian depan (hidung truk-Red), pojok kiri dan kanan jelas nggak kelihatan," kata dia saat ditemui di sela-sela Extra Mile Challenge UD Trucks, BSD, Tangerang Selatan, Rabu (26/2/2020).

"Samping kiri terus terang nggak bisa kelihatan, sama kalau belok otomatis (karena truk-Red) panjang, istilah orang jawa (dikhawatirkan) nyamber (terserempet), pengendara lain harus kasih posisi, kasih jarak," ujar Ahmad.

"Ya imbauan dari saya kalau ada armada truk besar terutama ya, tolonglah kasih kesempatan dulu," jelas dia.

Simak Video "Tol Layang Japek Diperbaiki, Agar Tak Bikin Mual?"
[Gambas:Video 20detik]

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
February 27, 2020 at 09:46AM
https://ift.tt/32xh46A

Nyalip Aman Tanpa Tersambar Truk, Ini Tips dari Sopirnya - Detikcom
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nyalip Aman Tanpa Tersambar Truk, Ini Tips dari Sopirnya - Detikcom"

Post a Comment


Powered by Blogger.