Search

6 Tips agar Tidur Lebih Berkualitas - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Ada baiknya untuk memikirkan kembali faktor-faktor yang dapat mengganggu tidur di malam hari, mulai dari stres karena pekerjaan, tanggung jawab terhadap keluarga, hingga tantangan lain yang tidak dapat diprediksi kedatangannya seperti sakit. Tidak mengherankan jika kualitas tidur sulit didapat.

Anda mungkin tidak dapat mengingat apa saja yang menjadi faktor penyebab terganggunya istirahat di malam hari. Namun, Anda dapat mencoba tips berikut ini untuk meningkatkan kualitas istirahat, dilansir dari Mayo Clinic.

#Buat jadwal
Orang dewasa dianjurkan beristirahat di malam hari maksimal 7 jam atau tidak lebih dari 8 jam. Tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari. Buat perbedaan antara waktu tidur saat hari kerja dan hari libur, dengan catatan kelonggarannya tidak lebih dari satu jam. Lakukan dengan konsisten.

Jika tidak juga terlelap setelah 20 menit berada di tempat tidur, tinggalkan kamar dan lakukan hal yang dapat merelaksasi tubuh, seperti membaca atau mendengarkan musik. Kembali ke kamar saat merasa lelah. Ulangi jika memang diperlukan.

#Makanan dan minuman
Jangan tidur dengan keadaan perut kosong. Hindari makanan berat beberapa jam sebelum tidur, setidaknya biarkan tubuh mencerna makan malam sebelum terlelap. Nikotin, kafein dan alkohol juga harus dibatasi.

#Ciptakan lingkungan yang nyaman
Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Dengan kata lain, udaranya tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin, pencahayaan tidak terlalu redup dan tidak terlalu terang, serta tenang. Matikan ponsel dan tidak tergoda untuk menonton televisi di kamar. Lakukan aktivitas yang dapat merelaksasi tubuh sebelum tidur, seperti mandi.

#Tidur siang
Tidur siang terlalu lama ternyata dapat mengganggu pola tidur di malam hari. Jika memutuskan untuk tidur siang, batasi maksimal 30 menit. Hindari tidur terlalu sore.

#Olahraga
Olahraga rutin setiap hari dapat membantu mudah terlelap di malam hari. Tidak disarankan untuk melakukan olahraga berat sebelum tidur.

#Kelola stres
Selesaikan pekerjaan kantor atau masalah pribadi sebelum tidur. Jika memang tidak dapat diselesaikan malam itu juga, beri tubuh, terutama otak, waktu untuk beristirahat.

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
October 29, 2019 at 01:53PM
https://ift.tt/2JwBgNn

6 Tips agar Tidur Lebih Berkualitas - Tempo.co
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Tips agar Tidur Lebih Berkualitas - Tempo.co"

Post a Comment


Powered by Blogger.