Search

Tips Tetap Produktif saat Waktu Senggang di Kantor - Kompas.com - Lifestyle Kompas.com

 KOMPAS.com - Ada hari di mana kita tak punya banyak pekerjaan berat di kantor. Saat mengalami hari tersebut, bukan berarti mesti lehat-leha, melainkan penting untuk tetap produktif dan bekerja.

Nah, saat sibuk kerja terus menerus, sering kali kehilangan kesempatan untuk merencanakan dan menata.

Dalam keterangan yang diterima Kompas.com dari situs pencari kerja Jobstreet.com, berikut cara agar tetap produktif saat hari senggang di kantor.

1. Get organised

Saat waktu senggang, tak ada salahnya untuk menata email. Atur email ke dalam folder-folder yang tepat, hapuslah junk mail, dan arsipkan email yang sudah dikerjakan.

Ketika kamu melakukannya, rapikan file di komputer juga. Hal ini tidak hanya akan memudahkan kamu, juga akan menambah daya simpan dan mempercepat komputer. 

2. Bersihkan meja

Jika kamu seperti kebanyakan orang bekerja lainnya, maka akan cenderung punya bermacam-macam kertas, majalah dan brosur yang menumpuk di atas meja.

Kebanyakan benda tersebut akan mungkin tetap ditempatnya selama berbulan-bulan (bahkan bertahun-tahun).

Nah, inilah kesempatan kamu untuk membersihkan meja kamu. Ini akan menjadi hampir seperti tempat kerja baru saat kamu selesai membersihkannya!

3. Membuat daftar yang harus dikerjakan pekan depan

Merencanakan beban kerja jauh-jauh hari adalah cara terbaik untuk melacak tugas-tugas kamu dan tetap mengutamakan yang terpenting.

Manfaatkan hari santai kamu untuk membuat daftar pekerjaan kamu untuk minggu depan.

Meninjau tugas-tugas kamu untuk minggu berikutnya juga membantu kamu bersiap-siap secara mental dan menjaga hal-hal berjalan dengan lancar.

4. Perbarui catatan pencapaian

Jika kamu belum punya, inilah saatnya untuk membuat buku harian untuk mencatat dan melacak pencapaian kamu selama ini.

Hal ini tidak hanya berguna untuk review kinerja, juga dapat menjadi referensi yang berguna saat kita perlu untuk memperbarui resume di masa yang akan datang.

Kita seringkali berjuang untuk mengingat tepatnya apa yang kita sudah capai selama bertahun –tahun; membuat daftar pencapaian tersebut secara berkala adalah pengingat yang baik akan sampai sejauh apa kita saat ini dari saat pertama kali kita memulai karir kita.

5. Belajar keterampilan baru

Proses belajar tidak akan berakhir, dan mempelajari sesuatu yang baru selalu bermanfaat untuk perkembangan personal kita sebagaimana untuk perusahaan.

Hal ini juga tidak akan pernah terlalu mudah dengan spektrum platform belajar online yang luas dan tutorial gratis dari kami saat ini.

6. Tinjau perkembangan karir

Membuat daftar kemajuan karir kamu itu penting. Evaluasi apa yang telah kamu pelajari dan capai sejak kamu memulai pekerjaan kamu saat ini dan refleksikan apakah kamu menuju kearah yang tepat.

Jika kamu stagnan sepanjang jalan, saat ini akan menjadi saat yang baik untuk bertanya pada diri kamu sendiri penyebabnya dan mulai mendaftar tujuan-tujuan baru untuk kembali ke jalur yang benar.

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
October 25, 2019 at 02:25PM
https://ift.tt/2Ndy5Lx

Tips Tetap Produktif saat Waktu Senggang di Kantor - Kompas.com - Lifestyle Kompas.com
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Tetap Produktif saat Waktu Senggang di Kantor - Kompas.com - Lifestyle Kompas.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.