Search

Ingin Punya Bisnis Viral? Ini Tips dari Pengusaha Muda - BeritaSatu

Jakarta, Beritasatu.com - Membangun sebuah bisnis termasuk food and beverage (F&B) membutuhkan pengorbanan, dan kerja keras agar bisa menghasilkan profit dan bertahan menghadapi persaingan. Sejumlah pengusaha muda memberi bocoran seputar tips agar bisnis Anda viral.

Salah satunya datang dari CEO and Founder of Sour Sally Group Donny Pramono Ie. Menurutnya, hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat bisnis bisa diterima masyarakat hingga viral ialah inovatif. “Think different. Not (only) better. Di dalam setiap usaha yang dijalankan, selalu dibutuhkan inovasi dan ide-ide baru. Maka harus bisa selalu berpikir berbeda, unik, memiliki alasan yang tepat dari ‘kenapa’ dibuatnya ide tersebut, bukan hanya sekadar lebih baik,” kata Donny Pramono di acara #EntrepreneursTalk dengan tema “Grow Your Business with Smart Starter Packs” yang dihelat MoneySmart di Jakarta belum lama ini seperti dikutip dalam keterangan yang diterima redaksi Kamis (31/10/2019).

Tak hanya itu kata dia, untuk membuat produk laris hingga booming ialah mengikuti tren yang tengah berkembang.

Menurut Donny, untuk mencapai kesuksesan, hampir semua bisnis F&B melewati tiga fase, di antaranya tren/hype stage di mana brand atau produk tersebut harus bisa booming dan menjadi hype yang dibicarakan semua orang. "Memiliki bisnis F&B harus menjadikannya sebagai sebuah kebutuhan, bukan hanya keinginan. Sehingga, produk ini menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat sehari-hari," kata Donny Pramono.

Tahap terakhir yang harus dilihat ialah culture stage yaitu saat produk sudah dapat disesuaikan menjadi budaya dalam suatu wilayah, dan melekat. "Jika semua tahap-tahap tersebut dijalani, usia brand/produk yang Anda jual dapat bertahan dalam jangka panjang," kata Donny Pramono.

Senada, Founder merek Kokumi, Jacqueline Karina yang berhasil meracik minuman kekinian dan disukai banyak orang membagikan tipsnya bagaimana cara meraih untung dari bisnis F&B. Awalnya, Jacqueline memiliki hasrat berbagi kebahagiaan dengan orang melalui hasil usahanya. Namun sempat merasa bingung bagaimana cara menyampaikannya. “Purpose-nya mau spread the happiness tapi aku gak bisa nulis buku, gak bisa menggambar, jadi aku liat talentanya membuat makanan dan minuman. Nah dari situ aku mau sampaikan pesan kebahagiaan kepada banyak orang,” ungkap Jacqueline Karina di event sama.

Pesan itu pun dituangkannya lewat logo Unicorn dan warna-warni minuman di setiap gelas brand yang dirilisnya pada Maret 2018. Poin ini juga bisa menjadi pembeda merek ini dengan minuman sejenis lainnya yang beredar di pasaran.

Dengan modal Rp 1,8 miliar, Jacqueline memastikan, mempertahankan rasa segar dan kualitas bahan-bahan minuman yang natural merupakan resep minuman bisa diterima masyarakat luas.

Sementara Financial Planner & Business Consultant, Mada Aryanugraha mengatakan, bisnis yang sukses selalu didukung manajemen yang tepat, dan efisien. Berbagai aspek harus dicermati termasuk manajemen cash flow.

Cash flow management yang tepat dan akurat, bagi pelaku UMKM hukumnya wajib jika ingin usahanya dapat terus bertahan. Tanpa cash flow management yang baik sebuah usaha akan mengalami masalah keuangan. Masalah yang sering dihadapi kekurangan uang cash untuk biaya operasional usaha,” kata Mada Aryanugraha.

Menurut Mada Aryanugraha, kekurangan uang cash ini seringkali terjadi bukan karena masalah penjualan, tapi bisa sesimpel karena sebagian besar penjualan dalam bentuk piutang, sedangkan biaya harus dikeluarkan dalam waktu dekat. "Sementara ketersediaan uang di rekening tidak mencukupi untuk membayar biaya-biaya tersebut,” kata Mada Aryanugraha.

Dia mengatakan, pengelolaan arus kas usaha seringkali disepelekan. Hal ini terlihat dari jarangnya dilakukan budgeting, forecasting dan projection keuangan secara bulanan maupun tahunan oleh pelaku usaha. "Dalam keuangan usaha, cash flow ibarat darah yang mengalir dalam tubuh kita, yang menjaga kita tetap dapat hidup, maka dari itu jika cash flow tidak dikelola dengan baik, maka dapat mematikan usaha yang dijalankan,” tandas Mada Aryanugraha.

Hadir dalam acara itu Vancelia Wiradjaja (Managing Director of Xing Fu Tang Indonesia), Billy Kurniawan (Founder of Kopi Janji Jiwa), Agatha Carolina (Founder of Monstore), William Sudhana (Founder of vosFoyer), Oddie Randa (Managing Director of Gushcloud Indonesia), hingga Nazier Ariffin (Head of Strategic Investment Telkomsel).

Sumber: BeritaSatu.com

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
October 31, 2019 at 08:51PM
https://ift.tt/322S7ht

Ingin Punya Bisnis Viral? Ini Tips dari Pengusaha Muda - BeritaSatu
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ingin Punya Bisnis Viral? Ini Tips dari Pengusaha Muda - BeritaSatu"

Post a Comment


Powered by Blogger.