Search

4 Tips Menyayangi Diri Sendiri, Pertama Jauhi Dosa - Okezone

SALING menyayangi merupakan perintah agama. Namun pada praktiknya, seseorang kadang tak sadar pada kondisi menyayangi orang lain namun lupa menyayangi diri sendiri.

Seseorang mungkin berfikir bahwa menyayangi diri sendiri itu hanya bisa dilakukan dengan memanjakan diri semisal makan makanan kesukaan, belanja baju, dan lain-lain. Padahal tidak selamanya caranya begitu.

Dalam kitab Mukasyafatul Qulub, Imam Ghazali memaparkan bahwa umat Islam bisa melakukan empat tips ini untuk bisa menyayangi diri sendiri. Ia menuliskan:

رحمته لنفسه أن يرحمها من عذاب الله تعالى بترك المعاصي والتوبة منها وفعل الطاعات والاخلاص فيها

“Menyayangi diri sendiri itu dengan meyelamatkan dirinya dari adzab Allah lewat menjauhi dosa, taubat, melakukan amal saleh dan ikhlas sebelum menyelamatkan orang lain.”

Cara pertama dalam meyayangi diri sendiri adalah menjauhkan diri dari perbuatan dosa. Kita tahu bahwa dengan melakukan dosa akan mengakibatkan turunnya murka Allah. Jika kita sayang akan diri kita sendiri, tentu kita tidak berharap murka Allah tersebut datang kepada kita. Alhasil, orang yang bisa menyayangi dirinya sendiri tentu akan selalu menyelamatkan dirinya dari perbuatan dosa.

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
January 31, 2020 at 09:16AM
https://ift.tt/2S2jjtv

4 Tips Menyayangi Diri Sendiri, Pertama Jauhi Dosa - Okezone
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Tips Menyayangi Diri Sendiri, Pertama Jauhi Dosa - Okezone"

Post a Comment


Powered by Blogger.