Search

Tips LAPAN: 4 Alat Bantu Mengamati Gerhana Matahari Cincin - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memberikan tips dan trik untuk mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang akan terjadi siang ini, Kamis, 26 Desember 2019.

"Bagaimana cara melihat GMC yang aman?" tulis LAPAN media sosial Instagram resminya @lapan_ri, baru-baru ini. Menurut LAPAN poin terpentingnya adalah keamanan mata.

Jangan melihat ke arah Matahari dengan mata telanjang secara langsung, baik saat gerhana ataupun tidak. Intensitas cahaya Matahari yang sangat kuat dapat merusak mata.

LAPAN menyarankan untuk menggunakan beberapa alat pengamatan Gerhana Matahari Cincin. Berikut alat tersebut:

1. Kamera Pinhole (kamera lubang jarum)

Kamera ini dapat dibuat sendiri dengan bahan-bahan sederhana. Terdapat banyak tutorial dari internet untuk membuat kamera lubang jarum dengan berbagai variasi bentuk.

2. Kacamata Matahari

Kacamata ini bukanlah kacamata hitam biasa, melainkan kacamata dengan lensa khusus yang dirancang untuk menghalangi sebagian besar cahaya Matahari.

3. Binokular atau teleskop

Konsep dan prinsip penggunaan binokular serupa dengan kamera lubang jarum. Perbedaannya adalah citra Matahari diproyeksikan melalui lensa pembesar, bukan lubang jarum. Pengguna binokular atau teleskop akan dapat menghasilkan proyeksi gerhana yang lebih besar dan tajam dibandingkan kamera lubang jarum.

Binokular dapat dipasangkan ke tripod agar dapat berdiri dengan stabil, lalu diarahkan ke Matahari. Jangan pernah melihat melalui eyepiece secara langsung.

4. Kamera DSLR

Saat pengamatan, jangan arahkan langsung lensa kamera ke Matahari, kamera bisa merusak sensor kamera. Gunakan filter khusus Matahari untuk mengurangi intensitas cahaya yang diterima kamera.

Untuk mendapatkan citra Matahari yang berukuran besar, gunakan lensa telefoto dengan panjang fokus 500-2000 mm. Lensa standar 200 mm hanya akan menghasilkan citra Matahari yang berukuran kecil.

Untuk pengaturan awal, dapat menggunakan pengaturan ISO 100, f/8.0 dan shutter speed 1/1000. Agar fokus, lebih baik atur secara manual, dan agar kamera stabil gunakanlah tripod.

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
December 26, 2019 at 11:04AM
https://ift.tt/350pRx7

Tips LAPAN: 4 Alat Bantu Mengamati Gerhana Matahari Cincin - Tempo
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips LAPAN: 4 Alat Bantu Mengamati Gerhana Matahari Cincin - Tempo"

Post a Comment


Powered by Blogger.