Search

Tips Menenangkan Anak yang Takut Disuntik - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Anak yang takut disuntik membuat orangtua khawatir. Tantrum, seperti teriakan dan tangisan, seringkali terjadi pada anak yang dihadapkan pada jarum suntik.

Meskipun hati lemah melihat buah hati ketakutan, pastikan anak mendapatkan penanganan yang membantunya mencegah penyakit yang lebih serius. Dikutip dari Times of India, berikut lima tips menangani anak yang takut disuntik.

1. Katakan sejujurnya
Penting bagi anak untuk tahu kalau jarum suntik memang menyakitkan namun hanya untuk jangka waktu singkat saja. Anda juga bisa mulai mengedukasi anak kalau suntikan diperlukan untuk mencegah penyakit berisiko.

2. Menempatkan anak pada posisi yang nyaman
Untuk menghindari anak tantrum, seperti menggerak-gerakkan badan saat sedang disuntik, pastikan ia berada di posisi yang paling aman saat mendapatkan suntikan. Kebanyakan dokter biasanya akan menyarankan anak ditidurkan, namun posisi yang paling aman untuk menerima suntikan adalah duduk sehingga orang tua bisa menenangkan anaknya dengan optimal ketika sedang kesakitan.

3. Memberikan hadiah
Untuk anak usia balita, melakukan hal yang menantang adalah suatu pencapaian besar. Karena itu, berikanlah hadiah kecil seperti cokelat atau permen setelah ia disuntik. Hal ini akan membuatnya semakin berani lagi menerima berbagai tantangan.

4. Alihkan perhatian
Anda bisa mencoba berbagai macam pengalih perhatian, mulai dari membawakan mainan favorit atau menyanyikan lagu kesukaan anak saat sedang disuntik. Dengan menggunakan distraksi ini, anak akan sulit membedakan antara perasaan senang dan sedih karena sentuhan yang menyakiti anggota badan.

5. Orang tua tetap tenang
Umumnya, anak akan mencari orang yang ia percaya, seperti orang tuanya, saat kondisi yang membuat stres. Jika Anda terlihat tenang dan tersenyum, maka kemungkinan anak pun beranggapan suntikan bukanlah masalah yang besar. Jadi, pastikan untuk mengatur emosi agar selalu tenang di depan anak yang akan disuntik.

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
November 29, 2019 at 10:44AM
https://ift.tt/2L3rC5z

Tips Menenangkan Anak yang Takut Disuntik - Tempo
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Menenangkan Anak yang Takut Disuntik - Tempo"

Post a Comment


Powered by Blogger.