Search

Hari Guru, 4 Tips Jadi Guru Unggulan - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Hari Guru Nasional selalu diperingati setiap 25 November. Guru membantu membangun generasi selanjutnya untuk menjadi pemimpin bangsa. Karena itu, guru memiliki dampak yang besar dalam hidup.

Tidak ada salahnya jika para guru juga tetap belajar bagaimana bisa menjadi guru unggulan, sehingga dapat membantu murid-murid untuk memberikan kontribusi positif pada masyarakat. Dikutip dari laman Edutopia, berikut adalah karakter-karakter yang membuat guru unggul.

1. Menciptakan rasa kebersamaan
Rasa saling menghormati di kelas membuat guru memberikan lingkungan yang mendukung dan kolaboratif. Dalam kelas, selalu ada aturan untuk diikuti dan pekerjaan yang harus dilakukan. Dengan membuat rasa kebersamaan, setiap siswa menyadari bahwa dia adalah bagian penting yang tidak terpisahkan dari teman-teman di kelas.

2. Antusias dan penuh perhatian
Tentu saja guru bisa tegas dan ketat dengan peraturan, namun guru juga harus bisa menjadi orang yang mudah untuk diajak bicara oleh para murid. Guru-guru hebat memiliki keterampilan mendengarkan yang baik dan meluangkan waktu dari jadwal mereka yang sibuk untuk siapa saja yang membutuhkan.

3. Menghormati murid
Bukan hanya murid yang harus menghormati guru tapi sebaliknya. Mendengar ide dan pendapat setiap murid akan membuat murid merasa dihargai. Murid merasa aman untuk mengekspresikan perasaan dan belajar menghormati dan mendengarkan orang lain. Guru yang menghormati murid menciptakan lingkungan belajar yang ramah bagi semua murid.

4. Memiliki harapan tinggi untuk semua murid
Guru yang hebat ingin muridnya terus berkembang menjadi lebih baik. Guru harus menyadari bahwa harapan yang dia miliki untuk murid-muridnya sangat mempengaruhi prestasi mereka. Murid umumnya memberikan guru apa yang diharapkan dari mereka. Jadi, bila guru memiliki harapan rendah, murid tidak akan mencoba untuk menjadi lebih baik lagi karena sudah puas dengan hasilnya. Namun, bila guru memiliki harapan tinggi, murid akan kerja lebih keras untuk memenuhi harapan tersebut.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | EDUTOPIA

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
November 25, 2019 at 11:30AM
https://ift.tt/2KNJ9P1

Hari Guru, 4 Tips Jadi Guru Unggulan - Tempo
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hari Guru, 4 Tips Jadi Guru Unggulan - Tempo"

Post a Comment


Powered by Blogger.