Search

Tips Memperbaiki Suasana Hati saat Bekerja - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Banyak hal yang membuat suasana hati buruk, termasuk saat bekerja. Penyebabnya bisa patah hati, stres karena pekerjaan, atau juga tengah ditimpa masalah.

Permasalahan ini, bisa membuat orang malas untuk melakukan apapun. Umumnya kita lebih suka berdiam atau menenangkan diri ketika mengalami hari buruk.

Kondisi ini, bisa membuat pekerjaan terbengkalai atau hari Anda menjadi tidak produktif. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap produktif meski tengah mengalami hari yang buruk.

#Ambil napas
Setelah pertengkaran dramatis atau pengalaman negatif, perlu beberapa menit untuk mengambil napas dalam-dalam. Napas dalam memiliki efek menenangkan, memperlambat detak jantung, yang memperlambat tekanan darah, memungkinkan Anda berada dalam keadaan emosi yang lebih tenang dan kondusif. Ini akan mengembalikan metabolisme ke tingkat normal, yang merupakan awal yang baik.

#Lakukan yang disuka
Lakukan hal-hal yang disukai ketika mengalami hari yang buruk, bisa berupa mendengarkan lagu atau permainan di ponsel. Buat beberapa menit untuk melakukan hal yang disukai ini. Melakukan sesuatu yang Anda suka dapat mengalihkan perhatian dari hal-hal yang mengganggu untuk mengalihkan fokus pada hal-hal yang lebih positif.

#Rencanakan pekerjaan
Meskipun di sana-sini, keadaan yang tidak menguntungkan mungkin muncul di kepala. Namun, buat catatan bahwa Anda akan memperhatikan pikiran itu nanti. Dalam keadaan yang lebih tenang, jauh lebih mudah untuk bernegosiasi dengan pikiran tentang apa yang menjadi fokus. Anda mungkin sudah merencanakan pekerjaan pada malam sebelumnya atau di pagi hari, tetapi ini mungkin terjadi ketika masalah belum muncul, karena itu mungkin perlu penyesuaian.

Penting untuk memilih tugas-tugas paling penting yang harus dilakukan hari itu. Semua yang lain bisa menunggu hari lain ketika Anda merasa lebih baik secara emosional. Pecah tugas-tugas ini menjadi tindakan kecil yang mudah dilakukan sehingga tidak terlihat membingungkan.

#Hindari komunikasi
Kecuali jika perlu, cobalah menjauh dari ponsel karena hal itu dapat mengalihkan perhatian dan terkadang membuat kembali ke situasi yang sedang Anda coba mengalihkan perhatian. Kadang Anda hanya ingin berbicara dengan seseorang tentang apa yang baru saja terjadi atau apa yang sedang terjadi sehingga bisa merasa lebih baik, tetapi kadang-kadang percakapan bisa berlangsung berjam-jam mengalahkan seluruh tujuan Anda menjadi produktif.

Minimalkan komunikasi hanya untuk apa yang diperlukan, dengan cara itu, Anda juga meminimalkan bereaksi terhadap pesan yang salah. Selain itu, hindari media sosial, itu bisa membuat hidup Anda benar-benar menyebalkan tetapi tidak ada yang benar-benar mengunggah hari yang buruk, jadi lindungi pikiran saat rapuh.

#Dengarkan sesuatu yang membangkitkan semangat
Musik memiliki kekuatan untuk meningkatkan getaran saat Anda terpuruk dan terkadang dapat membantu merasa lebih baik. Jika berada di ruang kantor, Anda dapat mencolokkan earphone dan mendengarkan musik. Pastikan volume yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan rekan kerja lain jika mengerjakan tugas yang membutuhkan interaksi. Menggunakan earphone juga lebih sopan.

#Tetap terhidrasi
Dehidrasi adalah kondisi memperburuk suasana hati yang buruk. Tetap terhidrasi memberi energi dan membantu Anda merasa segar, yang juga akan membantu mengangkat suasana hati.

#Jangan lupa makan
Sama seperti dehidrasi, perut kosong akan membuat Anda lebih mudah marah. Manjakan diri dengan sarapan atau makan siang yang enak dan jaga diri tetap sehat. Makanan juga merupakan cara yang baik untuk meningkatkan suasana hati. Aroma makanan juga bersifat terapi.

#Beri penghargaan kecil
Setelah menyelesaikan tugas besar atau bagian dari laporan, manjakan diri dengan sesuatu yang menyenangkan seperti sepotong permen atau apa pun yang membuat bahagia. Ini adalah cara memotivasi diri untuk terus maju dan jika produktif di hari yang buruk, Anda layak mendapat hadiah.

#Lakukan berbagai hal sesuai keinginan
Ingatlah bahwa kondisi sedang tidak normal, jadi berbaik hatilah pada diri sendiri. Lakukan apa yang Anda bisa saat mampu. Jadi, masuk akal untuk mengatakan bahwa Anda sedang tidak enak badan dan tidak perlu menjelaskan diri sendiri. Hanya saja, jangan dramatis tentang hal itu.

#Ubah lingkungan
Dalam pengaturan kerja yang fleksibel, Anda juga dapat mempertimbangkan bekerja dari tempat yang berbeda, seperti taman atau kedai kopi favorit. Ini dapat membuat perbedaan besar untuk suasana hati. Jika Anda tidak berada dalam lingkungan kerja yang fleksibel, beberapa penyesuaian seperti memindahkan kursi lebih dekat ke jendela atau tempat yang cerah dapat membantu menyesuaikan kembali fokus Anda. Bahkan, penataan ulang meja bisa membuat perbedaan besar.

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
November 25, 2019 at 12:25PM
https://ift.tt/34jsUkK

Tips Memperbaiki Suasana Hati saat Bekerja - Tempo.co
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Memperbaiki Suasana Hati saat Bekerja - Tempo.co"

Post a Comment


Powered by Blogger.