Search

Tak Mau Dibobol Peretas, Ini Tips Amankan Rekening Digital - Tempo

TEMPO.CO, Yogyakarta - Head of Digital Banking Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), Irwan S. Tisnabudi mengatakan, saat ini kejahatan perbankan berupa peretasan rekening nasabah sering terjadi. Umumnya, pelaku mengambil alih akun nasabah lalu menyomot data-data pribadi.

Untuk mengantisipasi serangan peretas, Irwan membagikan sejumlah tips agar nasabah aman melakukan transaksi perbankan secara digital. Tips itu ia bagikan dalam acara edukasi Jenius dan Bibli.com tentang keamanan bertransaksi digital pada 8-9 November 2019.

Jenius merupakan aplikasi layanan perbankan digital yang dimiliki Bank BTPN. Adapun, Bibli.com merupakan salah satu situs e-commerce.

Menurut Irwan, sejumlah tips mendasar agar aman bertransaksi di antaranya menggunakan email dan password berbeda untuk masing-masing kebutuhan. Mengganti personal identification number  dan password akun secara berkala penting sebagai pertahanan terhadap serangan peretas.

Nasabah juga diharapkan tidak membagikan data pribadi dan data kartu layanan digital kepada orang lain maupun di media sosial. Nasabah mengatur PIN yang berbeda untuk setiap kartu debit, serta menjaga kerahasiaan one-time password. “Perbankan tidak pernah menanyakan data kartu atau rekening nasabah karena itu data-data yang sifatnya rahasia,” kata Irwan.

Selain itu, nasabah harus memperhatikan notifikasi setelah menggunakan aplikasi layanan perbankan, mengatur limit transaksi, dan mewaspadai aktivitas transaksi ketika offline maupun online. Untuk keamanan data, jangan pernah membagikan kartu debit kepada siapapun. Hal penting lainnya adalah membatasi penggunaan wifi umum dan VPN atau koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara pribadi melalui jaringan internet.

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
November 11, 2019 at 06:54AM
https://ift.tt/32ycYJM

Tak Mau Dibobol Peretas, Ini Tips Amankan Rekening Digital - Tempo
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Mau Dibobol Peretas, Ini Tips Amankan Rekening Digital - Tempo"

Post a Comment


Powered by Blogger.