Search

Hari Kesehatan Nasional, Ada 9 Tips Tetap Sehat di Kantor - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Bagi para pekerja kantoran, sebagian besar waktu biasanya akan dihabiskan di tempat kerja. Sehingga, kesehatan kadang menjadi hal yang diabaikan. Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 November, Anda bisa mulai mengubah kebiasaan buruk tersebut.

Tema Hari Kesehatan Nasional tahun ini adalah 'Generasi Sehat, Indonesia Unggul'. Tema itu dirasa cocok untuk meningkatkan semangat masyarakat Indonesia untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat. Anda bisa memulainya dengan menjaga kesehatan saat di tempat kerja.

Duduk berjam-jam menghadap layar komputer, tanpa disadari bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan mulai dari kelainan postur, penyakit mata, hingga sakit punggung. Jika tidak mau menjadi bagian dari kelompok pekerja yang mengalaminya, Anda perlu menjalani kebiasaan sehat mulai dari sekarang.

Pada momen Hari Kesehatan Nasional ini, mulailah menjadi lebih sehat di tempat kerja, dengan beberapa tips di bawah ini:

1. Jangan terlalu sering ngemil
Budaya ngemil di perkantoran memang sulit dihilangkan. Apalagi, jika camilan tersebut tersedia langsung di meja kerja Anda atau teman sebelah. Tinggal bergerak sedikit, makanan sudah bisa digapai.

Kebiasaan ngemil, bisa membuat Anda tidak menyadari banyaknya kalori yang masuk ke tubuh. Tahu-tahu, berat badan sudah naik dan Anda baru merasa panik.

Karena itu, lebih baik jangan terbiasa menaruh camilan di meja kerja Anda. Sebisa mungkin, jauhkan toples-toples maupun bungkus-bungkus makanan hingga tidak terlihat dari mata, agar keinginan untuk ngemil dapat berkurang.

2. Banyak minum air putih
Kebutuhan cairan setiap orang memang bisa berbeda-beda. Namun secara umum, minum 8-10 gelas air putih sehari sudah bisa memenuhi kebutuhan cairan Anda.

Mencukupi kebutuhan cairan juga penting dilakukan agar Anda bisa tetap fokus saat bekerja. Pernah merasa ngantuk saat jam menunjukkan pukul 3 sore? Hal tersebut bisa jadi penanda dehidrasi. Sehingga, saat Anda merasa mengantuk di kantor. Untuk mengatasinya, minumlah air putih.

3. Jangan malas bergerak
Coba cari cara untuk lebih banyak bergerak saat bekerja. Sebab, duduk berjam-jam di posisi yang sama, tidak baik untuk kesehatan Anda.

Cobalah untuk berdiri saat menerima telepon, atau jalan ke meja teman untuk membicarakan masalah pekerjaan secara langsung, dibanding hanya berkirim pesan melalui email atau chat.

Saat jam makan siang tiba, pilihlah tempat makan siang yang sedikit lebih jauh dari kantor, sehingga Anda akan berjalan untuk ke tempat tersebut. Tidak hanya membantu membakar kalori, berjalan juga bisa mengurangi perasaan stres dari pekerjaan Anda.

Cara lain untuk memperbanyak bergerak saat di tempat kerja adalah dengan memilih menggunakan tangga dibanding lift.

4. Konsumsi makanan bergizi
Saat jam makan siang tiba, pilihlah menu yang sehat dan jika bisa, rendah kalori. Perbanyak makan sayur dan kurangi makanan yang berlemak. Selain itu, perhatikan juga porsi makan Anda. Sebab, selama bekerja Anda tidak banyak melakukan pergerakan fisik, sehingga kalori yang terbakar pun akan sedikit.

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
November 13, 2019 at 03:00PM
https://ift.tt/2CB1cDR

Hari Kesehatan Nasional, Ada 9 Tips Tetap Sehat di Kantor - Tempo.co
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hari Kesehatan Nasional, Ada 9 Tips Tetap Sehat di Kantor - Tempo.co"

Post a Comment


Powered by Blogger.