Search

Milenial Kesepian Saat Social Distancing? Ini Tips dari Stafsus Jokowi - Kompas.com - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Khusus Presiden Adamas Belva Syah Devara menyoroti penerapan social distancing di Indonesia bagi kaum milenial.

Ia mengakui, kaum milenial cukup sulit dalam menerapkan social distancing karena memiliki kebutuhan yang tinggi untuk berinteraksi dengan orang lain.

Ujung-ujungnya, kaum milenial yang menerapkan social distancing berpotensi mengalami gangguan kesehatan mental. Mulai dari merasa kesepian hingga depresi.

"Enggak ada social distancing saja generasi milenial paling terpapar mental health. Problemnya depresi, merasa kesepian dan lain-lain," ujar Belva dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Baca juga: Istana: Generasi Milenial Kunci Stop Persebaran Virus Corona

Oleh sebab itu, ia berharap kaum milenial mulai merubah pola pikir mereka.

Mereka harus berpikir bahwa tidak bertatap muka dan berinteraksi langsung dengan orang lain bukanlah sebuah persoalan yang substansif dalam kehidupan sosial.

Mereka harus memahami bahwa pada intinya hubungan antarpersonal itu tidak hanya berinteraksi secara fisik. Semuanya bisa digantikan sementara dengan teknologi informasi yang kian canggih.

"Bisa dilakukan juga adalah ketika kita semua ada di rumah masing-masing, mungkin diganti jadi physical distancing. Karena kita tetap harus berkumpul sebagai makhluk sosial," kata Belva.

Baca juga: Pemerintah: Masyarakat Semakin Memahami Social Distancing

Salah satu bentuk interaksi nonfisik yang dapat dilakukan adalah menggelar konferensi video dengan para sahabat.

Melalui itu, kaum milenial tetap dapat mencurahkan isi hati, sekadar mengobrol dan yang paling relevan dilakukan di tengah pandemi virus corona ini adalah saling menyemangati satu sama lain.

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
March 23, 2020 at 12:58PM
https://ift.tt/2UtxdpJ

Milenial Kesepian Saat Social Distancing? Ini Tips dari Stafsus Jokowi - Kompas.com - KOMPAS.com
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Milenial Kesepian Saat Social Distancing? Ini Tips dari Stafsus Jokowi - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.