Search

Berkendara Tetap Bersih & Aman, Ini Tips Jaga Kebersihan bagi Bikers - Jawa Pos

SEMARANG – Kebersihan adalah sebagian dari iman. Kata mutiara yang dapat digunakan dan dipraktikkan kepada siapa saja dan dalam kondisi apa pun. Bisa diartikan, orang yang beriman pasti setuju dengan kaidah kebersihan untuk mendukung hidup lebih sehat. 

Nah, perilaku untuk selalu menjaga kebersihan ini semestinya juga harus dimiliki para bikers yang punya mobilitas tinggi di luar ruangan dan jalan raya. Berikut tips aman dan bersih dalam berkendara:

Pertama, jaga kebersihan perlengkapan berkendara. Seperti rutin mencuci helm, jaket, sarung tangan, serta buff atau masker. 

Kedua, simpan perlengkapan berkendara usai digunakan. Baik di dalam bagasi kendaraan atau tas. Selain lebih bersih, juga aman. 

Ketiga, hindari pinjam-meminjam perlengkapan berkendara. Usahakan memakai riding gear milik pribadi yang lebih terjamin kebersihannya.

Keempat, menjaga kebersihan sarung tangan. Pastikan tangan dalam keadaan bersih saat akan mengenakan sarung tangan.

Kelima, bagi yang sering berboncengan, bersihkan bagian sepeda motor yang tersentuh tangan dengan alkohol. Contohnya bagian jok dan pegangan belakang jok. 

Keenam, jaga kebersihan diri. Cuci tangan setelah berkendara. Siapkan hand sanitizer yang portable dan mudah dibawa untuk menggantikan fungsi sabun jika tidak bisa cuci tangan. 

Ketujuh dan terpenting, jaga pola hidup sehat. Salah satunya menambah stamina tubuh. Baik dengan vitamin atau konsumsi ramuan tradisonal seperti jamu, serta hindari dehidrasi. 

Selain keselamatan, kesehatan harus benar-benar dijaga oleh para biker. Sehat dalam arti kondisi fisik juga sehat cara berkendara dan berlalu lintasnya.

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng Oke Desiyanto memberi pesan kepada seluruh bikers. Saat sedang menjalankan aktivitas atau pekerjaan yang mengharuskan bepergian keluar rumah menggunakan sepeda motor, selalu menjaga kebersihan diri. Ini agar terhindar dari berbagai penyakit.

“Langkah pencegahan paling mudah untuk dilakukan adalah jaga kebersihan diri. Dimulai dari rajin mencuci tangan dan jaga kebersihan riding gear. Selain itu, jaga pola makan dan istirahat yang cukup. Supaya daya tahan tubuh kuat,” tutur Oke.

Menurut dia, Untuk bisa #Cari_Aman di jalan raya, dibutuhkan tubuh dan pikiran sehat. (adv/ria)

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
March 20, 2020 at 07:05PM
https://ift.tt/395t0xR

Berkendara Tetap Bersih & Aman, Ini Tips Jaga Kebersihan bagi Bikers - Jawa Pos
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berkendara Tetap Bersih & Aman, Ini Tips Jaga Kebersihan bagi Bikers - Jawa Pos"

Post a Comment


Powered by Blogger.