Search

Tips Bikers Aman dan Produktif di Rumah - Jawa Pos

SEMARANG – Imbauan berdiam diri di rumah di tengah wabah virus korona, bukan alasan untuk bermalas-malasan alias mager (males gerak). Menjaga diri tetap produktif dan bergerak itu penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Agar fisik selalu sehat dan terjaga dari penyakit.

Bikers bisa memanfaatkan kesempatan dan waktu selama berada di rumah dengan berbagai kegiatan positif. Salah satunya mencuci sepeda motor kesayangan. Peralatan yang dibutuhkan di antaranya shampo, sabun colek atau cair, sikat gigi atau kuas kecil, dan sikat berukuran sedang untuk menyikat ban, selang, serta lap.

Teknik mencuci yang benar, posisikan motor di tempat yang stabil dan tidak licin. Hindari mencuci di bawah terik matahari karena rentan muncul spot bekas air yang yang mengering akibat panas. Mulailah mencuci motor dari bagian bawah. 

Selesai bagian bawah, basahi bagian atas motor dengan air mengalir untuk melunakkan noda atau kotoran yang menempel. Pastikan tidak ada kotoran menempel untuk menghindari baret saat dicuci lap mengandung sabun. 

Larutkan shampoo ke dalam ember, gunakan untuk bodi motor. Pakai lap kecil untuk mengambil larutan tersebut, kemudian usapkan. Pastikan seluruh bagian terlapisi larutan shampo dan segera bilas. Lanjutkan membilas kembali bagian bawah motor untuk memastikan kotoran atau noda hilang.

Selesai membilas, segera keringkan bodi motor dengan lap lembut yang menyerap air. Pastikan tidak ada air sisa dengan memiringkan motor ke kiri dan kanan, secukupnya. Perlu diingat, hindari mencuci, membilas, atau menyemprot bagian dalam mesin yang terdapat terminal kelistrikan. Apalagi ECU, CDI, atau Accu (aki). 

Aktivitas mencuci motor yang dilakukan bikers di pagi hari memberi banyak manfaat. Selain menjaga kebersihan tunggangan kesayangan, juga bermanfaat untuk kesehatan. Mencuci motor selama 15-20 menit dapat dikategorikan sebagai pergerakan ringan untuk menjaga tubuh tetap fleksibel dan berkeringat. 

Tangan dan kaki bergerak, ada juga gerakan jongkok dan berdiri yang dilakukan bikers. Sebagai upaya untuk tetap produktif meskipun berada di dalam rumah.

Mencuci motor sendiri, bikers semakin mengenal tunggangannya. Selain untuk perawatan, juga mengenali awal kerusakan. Semisal karat atau kebocoran oli, bikers dapat mengetahuinya lebih dini.

“Mencuci motor adalah salah satu tips #Cari_Aman dalam rangka pencegahan hal yang tidak diinginkan terjadi pada kendaraan. Selain langkah preventif, mencuci motor saat berdiam diri di rumah dapat menghilangkan kebosanan. Salah satu alternatif menghabiskan waktu dengan kegiatan produktif yang bermanfaat. Terutama dalam hal perawatan motor,” ucap Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng Oke Desiyanto. (adv/fer)

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
March 28, 2020 at 04:17PM
https://ift.tt/3aqEnlA

Tips Bikers Aman dan Produktif di Rumah - Jawa Pos
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Bikers Aman dan Produktif di Rumah - Jawa Pos"

Post a Comment


Powered by Blogger.