Search

Mengenal Istilah WFH dan Tips Agar Tetap Produktif Bekerja - detikNews

Jakarta -

Istilah WFH menjadi salah satu trending di Google. Hal itu berkaitan dengan kebijakan untuk mencegah penularan virus corona di masyarakat.

Pemerintah hari ini, Senin (16/3/2020) melalui Kementerian PAN-RB telah menetapkan WFH bagi PNS. Kebijakan tersebut berlaku di pemerintahan pusat hingga pemerintah daerah.

"Berkaitan dengan ketentuan penyesuaian sistem kerja di mana ASN di lingkungan instansi pemerintah dapat menjalankan tugas kedinasan di rumah atau di tempat tinggalnya," jelas Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo dalam telekonferensi di YouTube.

Lantas, apa itu WFH?

WFH adalah Work From Home atau bekerja dari rumah. Artinya, karyawan atau PNS tidak perlu datang ke kantor dan bisa bekerja dari tempat tinggalnya.

Dengan begitu, risiko penularan virus di masyarakat dapat berkurang. Sehingga, pandemi virus corona di seluruh dunia bisa segera berakhir.

Imbauan WFH juga dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta kepada perusahaan swasta. Imbauan tertuang dalam SE nomor 14/SE/2929 tentang Himbauan Bekerja di Rumah.

Tips Agar WFH Tetap Produktif:

1. Rencana Alur Kerja

Untuk memulai WFH karyawan harus mengatur alur pekerjaannya terlebih dahulu. Sebab, bekerja dari rumah dan bekerja di kantor memiliki perbedaan suasana.

2. Ikuti Jam Rutin

Agar tetap semangat dalam bekerja dan tidak bermalas-malasan, pekerja bisa mengikuti jam rutin seperti saat bekerja. Misalnya kamu biasa mulai bangun pagi jam 8 untuk siap-siap berangkat kerja, maka bangun lah pada waktu yang sama.

3. Istirahat

Walaupun bekerja dari rumah, WFH juga harus memiliki jam istirahat. Pekerja bisa mengambil waktu istirahat seperti jam kantor pada umumnya, yakni pukul 12-1 siang.

4. Nyaman

Cari posisi nyaman saat bekerja agar bisa tetap produktif dalam WFH. Pekerja bisa membuka laptopnya di atas meja dan duduk seakan-akan berada di meja kantor.

5. Aplikasi Memadai

Tips untuk WFH terakhir adalah siapkan aplikasi yang memadai. Bila aplikasi yang menunjang pekerjaan tidak lengkap akan membuat produktivitas ikut berkurang

(pay/erd)

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
March 16, 2020 at 04:18PM
https://ift.tt/3a5Y6qF

Mengenal Istilah WFH dan Tips Agar Tetap Produktif Bekerja - detikNews
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal Istilah WFH dan Tips Agar Tetap Produktif Bekerja - detikNews"

Post a Comment


Powered by Blogger.