Search

Cegah Virus Corona, LIPI Bagikan Tips Bikin Hand Sanitizer Sendiri | merdeka.com - Merdeka.com

Merdeka.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Puspiptek, Setu, Tangerang Selatan, memproduksi 300 liter hand sanitizer untuk pencegahan penyebaran virus Korona Covid 19.

"Produksi ini kami lakukan selama sepekan di Pusat Penelitian Kimia, Puspiptek, Tangerang Selatan, sejak Senin, 9 Maret kemarin," ungkap Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono di Puspiptek, Sabtu (14/3).

Agus menjelaskan, produksi hand sanitizer buatan laboratorium Kimia LIPI ini, nantinya akan dibagikan gratis ke sekolah-sekolah di sekitar kawasan Puspiptek sebagai bentuk kegiatan sosial.

"Setiap batch produksi menggunakan mesin pengaduk (stirer) dapat menghasilkan 10 liter hand sanitizer yang dikemas dalam botol ukuran 250 ml dan 100 ml. Proses tersebut dilakukan dalam jangka waktu kurang lebih satu pekan," terang dia.

Menurutnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mendeklarasikan bahwa virus corona dari Wuhan, sebagai Darurat Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional atau dikenal sebagai Public Health Emergency of International Concern.

Dengan merebaknya virus corona di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia, masyarakat berbondong-bondong untuk mencegah penyebaran virus corona salah satunya dengan penggunaan hand sanitizer. Sehingga terjadi kelangkaan produk tersebut di masyarakat.

"Guna menanggulangi kekhawatiran dan kelangkaan hand sanitizer di masyarakat, maka kami berinisiatif membuat dan membagikan produk dan tata cara pembuatannya ke masyarakat. Karena ini bisa dibuat sendiri di rumah, dengan syarat tetap dalam pengawasan orang dewasa dan dijauhkan dari jangkauan anak-anak," ungkapnya.

"Ketika produk hand sanitizer menjadi semakin langka, masyarakat bisa membuatnya sendiri karena bahan-bahannya tersedia di toko-toko kimia, jadi masyarakat tidak perlu panik dan khawatir.” kata Agus.

1 dari 1 halaman

Bahan-bahan Hand Sanitizer

Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan hand sanitizer sederhana adalah air, karbomer, etanol 95 persen propilen glikol, dan trietanolamin.

Sedangkan untuk pemroduksian hand sanitizer yang menggunakan mesin pengaduk adalah dengan penambahan bioetanol sebagai antiseptik sebanyak 63 sampai 65 persen dan nano silver sebagai tambahan antiseptik sebanyak 0,3 persen.

"Selain itu, LIPI memiliki beberapa alternatif agen antimikroba yang diekstrak dari bahan alam Indonesia yang bisa membantu untuk membunuh mikroba yang menempel pada tangan. Ekstrak rempah seperti pala dapat menambah aroma wangi natural pada hand sanitizer," jelasnya.

Sebagai aroma, ditambahkan juga pala, fraise, dan isopulegol sebanyak 0,05 sampai 0,1 persen.

"Cara pembuatannya yang pertama adalah mencampurkan air dan propilen glikol ke dalam panci sambil dipanaskan dan diaduk. Selanjutnya, tambahkan karbomer sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, sampai temperatur mencapai 80-90 derajat dan semua bahan tercampur dan larut sempurna.

"Proses ini memakan waktu sekitar 20 menit. Proses selanjutnya adalah penambahan trietanolamin sebagai pengingkat ph dan gelling agent agar campuran tersebut berubah menjadi gel. Selanjutnya adalah penambahan etanol sedikit demi sedikit ke dalam campuran gel yang berfungsi sebagai antiseptik," terangnya.

Tahap ini dilakukan tanpa proses pemanasan untuk menghindari penguapan dan pengadukan dilakukan selama kurang lebih 15 menit hingga hand sanitizer yang berbentuk gel ini siap digunakan.

Dengan adanya hand sanitizer sederhana yang bisa dibuat sendiri di rumah, diharapkan bisa mengatasi kekhawatiran masyarakat dan kelangkaan produk hand sanitizer di pasaran. Tentunya dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan yang ada.

Dia menegaskan, berdasarkan laman WHO, terdapat formulasi pembuatan hand sanitizer yang mudah dibuat. Semua bahan mudah didapatkan di toko bahan kimia atau toko farmasi atau apotek.

"Tentu pembuatan hand sanitizer ini harus dilakukan orang yang memiliki pengetahuan dasar kimia atau farmasi. Agar bisa mengurangi dampak yang tidak diinginkan. Misalnya bahan baku etanol, sangat mudah terbakar. Jika sudah tahu bahayanya, maka dampak negatif bahaya bisa diminimalkan," tandas dia. [did]

Baca juga:
Shopee Hapus Masker dan Hand Sanitizer yang Harganya Naik Tak Wajar
Kampus UMI Perkenalkan Cara Bikin Hand Sanitizer dari Alkohol dan Gel Lidah Buaya
Pemkot Bogor Perbanyak Cairan Hand Sanitizer di Tempat Umum
Melihat Pembuatan Sanitizer di Prancis
Bos Bukalapak Ancam Hapus Penjual Masker dan Hand Sanitizer dengan Harga Tak Wajar

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
March 14, 2020 at 05:35PM
https://ift.tt/38RJoSm

Cegah Virus Corona, LIPI Bagikan Tips Bikin Hand Sanitizer Sendiri | merdeka.com - Merdeka.com
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cegah Virus Corona, LIPI Bagikan Tips Bikin Hand Sanitizer Sendiri | merdeka.com - Merdeka.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.