Search

Tips agar Ponsel Tidak Jadi Media Perantara Virus Korona - Okezone

JAKARTA - Menurut Journal of Hospital Infection, analisis dari 22 studi menyebutkan bahwa virus COVID-19 dapat bertahan pada permukaan seperti logam, kaca, dan plastik hingga 9 hari. Namun, dapat dimatikan dengan disinfeksi, seperti etanol 62-71%, hidrogen peroksida 0,5%, dan natrium hipoklorit 0,1% dalam 1 menit.

Dengan kata lain, permukaan ponsel cerdas juga bisa menjadi tempat bersarangnya virus. Dilansir dari laman The Verge, Jumat (13/3/2020) hal tersebut kabarnya bisa diatasi dengan larutan alkohol. Beberapa ponsel mungkin memiliki permukaan yang tidak cocok oleh kandungan tertentu. Misalnya, hidrogen peroksida tampaknya dapat merusak ponsel.

Seberapa besar kerusakannya bervariasi tergantung dari pabriknya. Beberapa vendor pun menyarankan pembersihan dengan disinfektan. Baik Apple dan Google menyarankan pengguna untuk menggunakan air sabun pada kain yang tidak berbulu.

Namun, sebagai tanggapan terhadap wabah COVID-19, Apple mengubah instruksinya untuk menggunakan alkohol isopropil 70% atau tisu disinfektan clorox. Perusahaan menambahkan bahwa pengguna sebaiknya tidak menggunakan pemutih dan menghindari cairan masuk ke lubang.

Sementara itu, ahli mikrobiologi Charles Gerba menyarankan untuk sedikit membasahi kain mikrofiber dengan campuran 60 persen air dan 40 persen alkohol untuk membersihkan layar ponsel.

Secara umum Anda bisa membersihkan ponsel dengan cara berikut ini:

1. Pertama-tama copot pelindung atau case ponsel Anda

2. Persiapkan kain kering dan lembut untuk membersihkan ponsel Anda. Hindari menggunakan tisu dan kertas yang kasar, karena dapat meninggalkan goresan.

3. Semportkan disinfektan ke kain yang sudah Anda siapkan. Jangan lansung menyemprotkan ke ponsel, hindari juga lubang agar cairan tidak langsung masuk ke mesin ponsel.

4. Kemudian bersihkan dengan lembut ponsel Anda dan keringkan.

5. Anda juga perlu untuk membersihkan case pelindung dengan mencucinya secara bersih atau menyemprotkan cairan disinfektan. Anda juga bisa menjemur case di bawah sinar matahari agar kuman mati.

(ahl)

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
March 13, 2020 at 11:13AM
https://ift.tt/33fKgPR

Tips agar Ponsel Tidak Jadi Media Perantara Virus Korona - Okezone
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips agar Ponsel Tidak Jadi Media Perantara Virus Korona - Okezone"

Post a Comment


Powered by Blogger.