Search

Sekolah Libur Karena Covid-19? Tips Anak tetap Efektif Belajar - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Coronavirus disease 2019 atau Covid-19 yang mulai mewabah di Indonesia telah mengkhawatirkan banyak pihak, termasuk sekolah. Tidak sedikit institusi pendidikan yang mengimbau anak muridnya untuk belajar di rumah.

Bagi anak, sekolah libur tentu disambut baik lantaran belajar di rumah bak kesempatan emas untuk bermalas-malasan. Namun sebagai orang tua, Anda tak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Untuk itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar anak tetap efektif belajar di rumah seperti dilansir dari situs

Lakukan kebiasaan sekolah di rumah
Meskipun anak berada di rumah, Anda tetap harus melakukan kebiasaan yang selalu diterapkan saat bersekolah. Misalnya, anak harus bangun jam 6 pagi, mandi dan sarapan. Setelah itu, barulah Anda minta anak untuk belajar hingga waktu istirahat tiba. Contohnya, jam 10 dan jam 12, Anda bisa memberikan waktu istirahat selama 15-20 menit. Ini membuat anak tetap disiplin meskipun ada di rumah.

Belajar wajib di meja
Saat di rumah dan akan belajar, jangan sekali-kali membiarkan anak melakukannya di luar meja belajar. Misalnya di atas kasur atau di depan televisi. Sebab, konsentrasi anak anak terganggu dan cenderung ingin bermalasan. Dengan membiasakannya belajar di meja, fokusnya pun tidak akan terpecah dan hanya pada buku pelajaran saja.

Temani dan bimbing anak
Bagi beberapa sekolah, belajar dengan metode streaming dengan guru sudah diterapkan. Tapi bagi mereka yang belum mendapatkan hal ini, tentu perlu ada pendampingan dalam belajar. Nah, Anda bisa berlaku sebagai guru dengan mengajari anak agar ia mengerti tentang materi yang sedang dipelajari. Jika Anda sibuk, coba minta pengasuh atau guru les untuk datang ke rumah dan menggantikan Anda.

Hindari gadget dan alat elektronik lainnya
Khususnya bagi anak yang duduk di sekolah dasar dan menengah pertama, alat elektronik tentu belum diperbolehkan untuk digunakan selama sekolah. Walaupun anak belajar di rumah, hal ini pun wajib diterapkan. Sebab, ini bisa menjadi distraksi sehingga anak enggan belajar. Apabila Anda sudah mempercayakannya handphone, maka ambil perangkat tersebut hingga waktu belajar usai.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | PARENTING | EDUCATIONCORNER

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
March 13, 2020 at 02:05PM
https://ift.tt/3aVmTh5

Sekolah Libur Karena Covid-19? Tips Anak tetap Efektif Belajar - Tempo
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sekolah Libur Karena Covid-19? Tips Anak tetap Efektif Belajar - Tempo"

Post a Comment


Powered by Blogger.