Search

Berikut Tips Manfaatkan Video Call Saat Kerja dari Rumah - Medcom ID

Jakarta: Pandemik korona mendorong pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan isolasi diri dari kerumunan orang, ditujukan untuk mengurangi tingkat kecepatan penyebaran virus tersebut. Karenanya sejumlah perusahaan juga menerapkan kebijakan Bekerja dari Rumah.
 
Untuk tetap dapat melakukan pekerjaan dari rumah, tersedia teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung produktivitas tersebut, salah satunya adalah melalui video call. Namun untuk video call dengan baik, mungkin Anda perlu melakukan beberapa tips ini.
 
1. Atur tempat dengan benar
Saat melakukan panggilan, pikirkan lingkungan sekitar Anda, misalnya latar belakang tanpa pola dan hindari jendela yang akan memberikan cahaya belakang terlalu banyak, serta saat Anda menggunakan laptop, taruhlah di tempat yang stabil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, hindari melakukan video call dengan posisi laptop dipangku, sebab menyebabkan guncangan kecil selama panggilan sehingga akan mengganggu fokus dari penerima panggilan.
 
2. Undang siapa saja, kapan saja
Karena video call tidak harus terjadwal, sehingga ketika Anda sedang berkomunikasi melalui email yang menjadi terlalu panjang, Anda dapat dengan memanfaatkan video call dan mengundang partisipan di dalam atau di luar organisasi Anda untuk bergabung.
 
3. Aktifkan teks
Jika Anda sedang di tempat ramai tanpa headphone yang cukup bagus, Anda dapat menggunakan fitur teks otomatis untuk menampilkan teks secara langsung, layaknya subtitel di TV.
 
4. Tampilkan bagian yang diinginkan
Untuk menyajikan presentasi, seperti pada layanan Hangouts Meet, lihat di pojok kanan bawah, dan pilih “Presentasikan sekarang”. Anda memiliki pilihan untuk hanya menampilkan bagian yang ingin ditampilkan, serta presentasikan satu jendela dan bukan seluruh layar.
 
5. Ganti tata letak layar
Salah satu fitur Meet adalah memungkinkan pengubahan tata letak video call. Jika seseorang sedang menyajikan slide tetapi terjadi diskusi yang penting di ruangan kantor, Anda dapat mengganti tata letak untuk berfokus pada orang-orang di kantor, alih-alih presentasinya.
 
6. Tunjukkan sedikit kehidupan nyata Anda
Membiarkan anak Anda melambaikan tangan ke kamera atau melahap makan siang Anda ketika Anda memiliki jadwal video call sepanjang hari, menjadi salah satu cara untuk menunjukan sedikit kehidupan Anda di luar pekerjaan.
 
Hal ini dapat membangun hubungan lebih dalam dengan rekan kerja dan bahkan menimbulkan empati terkait hal yang sedang Anda tangani di luar pekerjaan.
 

(MMI)

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
March 18, 2020 at 03:55PM
https://ift.tt/2UeQ0oF

Berikut Tips Manfaatkan Video Call Saat Kerja dari Rumah - Medcom ID
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berikut Tips Manfaatkan Video Call Saat Kerja dari Rumah - Medcom ID"

Post a Comment


Powered by Blogger.