Search

Bekerja di Rumah karena Virus Corona? Ini Tips agar Produktif - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Virus corona baru atau COVID-19 telah ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Ini berarti sudah saatnya Anda mulai mengambil tindakan pencegahan agar tidak terpapar virus ini. Salah satu caranya adalah menghindari tempat ramai dan menjaga jarak yang sehat dari seseorang dengan gejala pilek dan flu, selain rajin mencuci tangan dan menjaga imunitas tubuh.

Karyawan akan menghabiskan sebagian besar waktu kita di tempat kerja. Tidak mudah mengikuti prosedur pencegahan menghindari tempat ramai dan menjaga jarak, terutama yang menggunakan transportasi umum. Jadi, beberapa perusahaan membolehkan karyawannya bekerja dari rumah.

Namun, sebagian orang merasa tidak mudah bekerja di rumah. Alasannya, di antaranya, adalah sulit berkonsentrasi penuh atau kehilangan waktu berbincang dengan teman kerja yang mungkin bisa meningkatkan produktivitas.

Tapi, kondisi itu bisa diatasi dengan beberapa trik, menurut laman Times of India, Kamis, 12 Maret 2020.

1. Atasi kecemasan

Pertama, mengatasi kecemasan Anda terhadap virus corona. Anda perlu melihat sisi positif bekerja di rumah karena ini membatasi peluang Anda untuk terinfeksi oleh virus ini.

Jadi, istirahatkan pikiran Anda sebelum mulai bekerja dari rumah. Bersyukurlah bahwa Anda memiliki kemewahan untuk bekerja dari rumah sementara ada jutaan orang, seperti dokter, polisi, pemadam kebakaran, harus selalu hadir di tempat kerja mereka.

2. Siapkan area bebas gangguan

Ketika bekerja dari rumah, ada banyak faktor yang bisa mengganggu, seperti anak-anak, pekerjaan rumah tangga, dan tamu. Gangguan ini mungkin bisa merusak perhatian penuh pada pekerjaan. Oleh karena itu penting untuk mengatur tempat kerja Anda di sudut dan menyatakannya sebagai zona tidak boleh ditembus alias steril. Akan lebih baik jika Anda bisa membuat tempat di ruangan yang jauh dari area paling aktif rumah Anda seperti ruang tamu.

3. Batasi mengangkat telepon

Ketika di rumah, Anda memiliki kebebasan tak terbatas untuk menjawab setiap panggilan telepon. Ini mungkin mengalihkan Anda dari pekerjaan. Sebab, tak seperti di kantor, Anda akan tergoda untuk berbicara berjam-jam di telepon.

Karena itu sangat penting untuk menetapkan beberapa aturan ketat mengenai panggilan telepon dan hanya mengangkat yang terkait dengan pekerjaan atau yang sangat penting.

Hal yang sama berlaku untuk media sosial. Hindari menggunakan media sosial, kecuali jika itu terkait dengan pekerjaan saat Anda bekerja dari rumah.

4. Jangan lupa istirahat

Sama dengan di kantor, Anda juga perlu istirahat saat bekerja di rumah. Penelitian telah membuktikan bahwa istirahat kecil, apakah untuk minum kopi atau hanya bertemu dengan kolega Anda, dapat membantu mengatasi kejenuhan terkait dengan pekerjaan. Pada gilirannya, ini akan membantu meningkatkan produktivitas.

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
March 13, 2020 at 07:50AM
https://ift.tt/2U2LvgN

Bekerja di Rumah karena Virus Corona? Ini Tips agar Produktif - Tempo
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bekerja di Rumah karena Virus Corona? Ini Tips agar Produktif - Tempo"

Post a Comment


Powered by Blogger.