Search

Tips Video Call Lancar Selama Kerja dari Rumah - detikInet

Jakarta -

Saat harus bekerja dari rumah, teknologi memungkinkan untuk bekerja dari jarak jauh. Salah satunya adalah dengan melakukan video call ketika perlu melakukan pertemuan.

Tapi melakukan video call kadang tidak mudah buat sebagian orang, terutama karena kondisi dan suasana rumah memang tidak dirancang untuk bekerja. Nah, tips dari Google berikut ini semoga bisa membantu kalian yang work from home punya pengalaman video call yang lebih baik.

1. Atur tempat dengan benar

Ketika ingin membicarakan masalah yang rumit atau mengeksplorasi ide, video call lebih efisien ketimbang berbicara lewat chat atau email. Namun saat melakukan video call, pikirkan lingkungan sekitar kalian.

Misalnya, latar belakang (pilih tembok polos, dan hindari jendela yang akan memberikan cahaya belakang yang terlalu banyak). Kalau kalian menggunakan laptop, taruh di tempat yang stabil. Hindari melakukan video call dengan laptop yang dipangku. Goyangan-goyangan kecil selama video call akan mengganggu fokus si penerima panggilan.

2. Undang siapa saja, kapan saja

Video call tidak harus terjadwal. Ketika kalian sedang berkomunikasi melalui email yang ternyata menjadi terlalu panjang, kalian bisa dengan mudah membuat video call dan mengundang orang-orang di dalam atau di luar organisasi untuk bergabung kapan saja dengan Hangouts Meet.

Hangouts Meet akan otomatis menghasilkan kode sehingga orang dapat melakukan video call lewat komputer, ponsel atau dari mana saja. Kalian bisa mengundang orang melalui berbagai pilihan.

Misalnya, jika kalian akan mengundang dari aplikasi kalender di Google, langsung ke https://meet.google.com dan memasukan kode rapat, yaitu URL link rapat yang dikirim melalui email.

3. Suara tidak jelas? Aktifkan teks

Kalau kalian sedang di tempat bising tanpa earphone atau headphone yang cukup bagus, gunakan fitur teks otomatis Meet untuk menampilkan teks secara real-time (seperti subtitel di TV). Lalu aktifkan teks. Kalian bisa pelajari caranya di sini.

4. Tampilkan hanya bagian yang diinginkan

Pernahkah ketika membagikan layar, tiba-tiba semua orang dalam video call bisa membaca email kalian? Solusinya, tampilkan hanya bagian yang diinginkan.

Untuk menyajikan presentasi, lihat di pojok kanan bawah kalian, pilih 'Presentasikan sekarang'. Kalian punya pilihan untuk hanya menampilkan bagian yang ingin ditampilkan, yaitu dengan mempresentasikan satu jendela (bukan seluruh layar). Lihat caranya di sini.

5. Ganti tata letak layar

Salah satu fitur Meet adalah memungkinkan pengubahan tata letak video call. Ini berguna ketika seseorang sedang menyajikan slide, tetapi terjadi diskusi yang penting di ruangan lainnya. Kalian bisa mengganti tata letak untuk berfokus pada orang-orang yang sedang berdiskusi tersebut, bukan pada presentasinya. Caranya bisa kalian pelajari di tautan ini.

6. Tunjukkan kehidupan kalian

Semua orang pastinya punya kehidupan di luar pekerjaan. Bergantung pada budaya tempat kerja kalian, mungkin tidak apa-apa menunjukkan sedikit kehidupan di rumah. Misalnya membiarkan anak atau keponakan melambaikan tangan ke kamera, melahap makan siang atau menyeruput kopi setelah jadwal video call sepanjang hari.

Menunjukkan sedikit kehidupan kalian mungkin akan bagus, dan dapat membangun hubungan yang lebih dalam dengan rekan kerja dan bahkan menimbulkan empati mengenai apa pun yang sedang kalian tangani di luar pekerjaan.

Tips Video Call Lancar Selama Kerja dari Rumah

Simak Video " Aplikasi Andalan untuk Bantu Kerja dari Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
March 19, 2020 at 08:15AM
https://ift.tt/3b94iOB

Tips Video Call Lancar Selama Kerja dari Rumah - detikInet
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Video Call Lancar Selama Kerja dari Rumah - detikInet"

Post a Comment


Powered by Blogger.