Search

Tips Mulai Bisnis Minyak Wangi, Keuntungannya Capai Rp6 Juta Bulan - Okezone

JAKARTA - Bisnis minyak wangi lokal bisa menjadi pilihan usaha yang menjanjikan. Selain harganya jauh lebih murah, wanginya tidak jauh beda dengan yang asli.

Cara membuatnya juga gampang, bibit minyak wangi tinggal di racik dengan bahan-bahan serupa yang dipakai merek terkenal. Harganya sekitar Rp100.000 per bibit.

Biar murah, bibit minyak wangi yang beredar di sini didominasi produk asing. Contohnya merek Charabot. Oleh importirnya, bibit buatan Prancis ini bisa dinego Rp400.000-Rp1,9 juta per kilogram (Kg).

Produk lokal dengan harganya yang jauh lebih murah juga ada. Contohnya merek Labor yang diproduksi Nilam Widuri Lab. Harganya per kilogram Rp200.000–Rp400.000. Mau membeli eceran juga boleh.

Baca Juga: Ingin Bisnis Budidaya Ikan Lele? Cek Dulu Lokasinya

Patokan yang ditentukan terbagi antara membeli biasa dengan pedagang. Bagi konsumen langusng, dia mematok harga RP1.300–Rp 2.600 per cc. Untuk pedagang jauh lebih murah, Rp850–Rp 2.100 per cc.

Tapi, biasanya, pedagang akan memberi diskon hingga 5% bagi pembelian dalam jumlah besar.

Anda bisa menjualnya di lingkungan sekitar kampus dan kos-kosan. Karena pasarnya mahasiswa, harus membaderolnya seharga uang saku mahasiwa.

Baca Juga: Bisnis Laundry Kiloan Cocok saat Musim Hujan, Berapa Modal Awal dan Keuntungannya

Nah, melansir buku Peluang Usaha Pendulang Uang, karya Agnes Yo, Minggu (8/3/2020), coba perhatikan bagaimana membiakan duit di bisnis ini:

a. Langkah awal

Untuk menyulapnya menjadi minyak wangi, bibit harus dicampur dengan cairan pengencer. Ada berbagai jenis yang dipakai, seperti heksilin glycol, methanol, propylene glycol, alcohol, dan ada juga air wangi- yaitu alcohol khusus untuk minyak wangi.

Komposisi campurang yang ideal antara bviang dengan pengencer yaitu 1:1. Kalau mau menambah pengencernya bisa saja, Cuma wanginya jadi tidak tahan lama. Harga pengencer cukup beragam.

Alkohol kelas satu harganya Rp13.000 per liter. Yang kelas 2 Cuma Rp4.000. Akan halnya heksilin glycol berkisar Rp20.000-Rp25.000

b. Botolnya ‘asli’

Anda bisa berburu botol terster dari tiap konter parfum di pertokoan. Dibelakang botol itu kan tertulis komposisi minya wangi tersebut, ya tinggal Anda campurkan saja biangnya. Dengan cara itu bisa meracik ramuan parfum dari merek terkenal di mana pun.

Anda bisa berburu macam-macam botol minyak wangi mereka terkenal seperti Polo, Channel 5, Issey Miyake, Pleasure, Bvlgari, Versacce dengan harga Rp10.000 – Rp50.000 per botol. Kalau mau mirip dengan aslinya, bisa melengkapi dengan dus atau kain flannel pembungkus untuk jenis-jenis tertentu.

Jadi, konsumen yang sudah biasa memakai merek terkenal, namun tak mampu lagi membelinya, bisa tetap bergaya dengan parfum “aspal” yang sewangi barang aslinya.

Untuk mendapatkan botol minyak wangi asli, pemulung langsung mengumpulkan dari rumah kerumah. Pengepul biasanya mempunyai sales yang akan menawarkan botol-botol ini kepada pada pedagang minyak wangi. Malah, sekarang banyak botol lokal yang dibuat mirip dengan parfum asli.

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
March 08, 2020 at 10:15AM
https://ift.tt/32ZFA03

Tips Mulai Bisnis Minyak Wangi, Keuntungannya Capai Rp6 Juta Bulan - Okezone
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Mulai Bisnis Minyak Wangi, Keuntungannya Capai Rp6 Juta Bulan - Okezone"

Post a Comment


Powered by Blogger.