Search

Hindari Busuk Pada Kentang, Begini Tips Cara Menyimpannya - Indozone.id

INDOZONE.ID - Kentang merupakan salah satu umbi-umbian yang mengandung tinggi karbohidrat dan serat. Tak heran jika nutrisi yang diberikan pada kentang sangat baik buat kesehatan tubuh.

Untuk mengolah kentang pun sangat mudah. Kentang bisa diolah dengan cara digoreng, direbus, dipanggang, atau bisa juga dikukus.

Usia kentang bisa bertahan lebih lama jika menyimpannya dengan cara yang benar. Jika tidak tepat dalam menyimpannya, maka akan kentang akan mudah busuk. Nah, berikut ada tips bagaimana menyimpan kentang dengan benar untuk menghindari busuk.

Simpan kentang di dalam kulkas, tapi jangan di freezer

tips menyimpan kentang
Kentang. (Pixabay)

Kentang akan bertahan lebih lama jika disimpan di suhu antara 6-10 derajat Celcius. Suhu tersebut bisa didapat di dalam kulkas atau di bawah tanah. Dengan menyimpan kentang dalam suhu tersebut maka akan mengurangi tumbuhnya kecambah baru pada kulit kentang yang menjadi awal pembusukan pada kentang.

Jika menyimpannya di dalam kulkas, maka jangan pernah menyimpannya di dalam freezer. Sebab, jika kentang membeku, maka air di dalam kentang dapat membentuk menjadi kristal yang memecah struktur dinding sel. Pecahnya struktur dinding sel akan membuat kentang menjadi lembek dan berakhir dengan pembusukan.

Jangan cuci kentang sebelum menyimpan

Mencuci kentang dengan air dapat membuat kentang menjadi lembab dan berpotensi tumbuhnya jamur dan bakteri pada kulit kentang. Oleh karena itu, biarkan saja tanah yang menempel pada kentang akan mengering dengan sedirinya yang dapat membuat kentang bertahan lebih lama.

Jauhkan kentang dari sinar matahari

tips menyimpan kentang
Kentang. (Pixabay)

Pada saat menyimpan kenang, usahakan jauhkan kentang dari paparan cahaya sinar matahari. Sebab, sinar matahari yang menyoroti kentang akan membuat kulit kentang menghasilkan klorofil dan memunculkan warna hijau pada kentang. Warna hijau tersebut mengandung racun solanin yang dapat membahayakan tubuh manusia jika tetap mengonsumsinya.

Simpan kentang dalam wadah terbuka

Untuk mencegah akumulasi uap air yang membuat kentang menjadi lembab, maka simpan kentang di dalam wadah yang terbuka yang memungkinkan adanya sirkulasi udara. Oleh karena itu, simpan kentang dalam wadah yang terbuka atau kantong kertas.

Artikel Menarik Lainnya:

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
March 18, 2020 at 02:59PM
https://ift.tt/38Ugotm

Hindari Busuk Pada Kentang, Begini Tips Cara Menyimpannya - Indozone.id
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hindari Busuk Pada Kentang, Begini Tips Cara Menyimpannya - Indozone.id"

Post a Comment


Powered by Blogger.