Search

Akan Lakukan Ibadah Haji 2020? Ingat Tips Sehat Ini - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Beberapa bulan lagi, masyarakat Indonesia yang akan menjalankan ibadah haji akan berangkat ke Tanah Suci. Dengan banyaknya risiko untuk terpapar virus dan bakteri penyebab penyakit, tentu mereka harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat selama melangsungkan ibadah haji. Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (PP PERDOKHI) Muhammad Ilyas mengatakan bahwa pertama, setiap orang harus banyak mengkonsumsi makanan bergizi dan air minum.

Dokter spesialis penyakit dalam dan paru itu menambahkan bahwa cuaca di Mekah sangat mudah berubah dari panas ke dingin. “Kalau musimnya begini dan asupan nutrisinya tidak baik, maka Anda rentan sakit. Bukan hanya virus yang sedang mewabah sekarang saja, tapi segala macam penyakit,” katanya dalam acara Pentingnya Vaksin Influenza di Jakarta pada Rabu, 4 Maret 2020.

Selain makanan dan minuman, memperhatikan pola hidup yang bersih juga harus dilakukan oleh para calon jamaah haji. Misalnya dengan mencuci tangan dengan air dan sabun, serta menggunakan masker. “Karena tangan adalah sumber virus dan bakteri, cuci tangan penting sekali. Jangan lupa pakai masker kalau sakit supaya tidak menularkan dan tetap terlindungi juga bagi yang sehat,” katanya.

Terakhir, memperhatikan waktu istirahat tak lupa diimbau Ilyas. Menurutnya, banyak calon jamaah haji yang suka memaksakan diri untuk keliling Ka'bah ataupun berbelanja. “Pasti anggapannya ini kan memori yang tak terlupakan jadi tidak apa-apa diforsir. Padahal ini malah meningkatkan risiko Anda untuk sakit. Baiknya pahami kondisi tubuh bagaimana dan sesuaikan itu dengan aktivitas kita,” katanya.

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
March 05, 2020 at 07:23AM
https://ift.tt/2IlYKE4

Akan Lakukan Ibadah Haji 2020? Ingat Tips Sehat Ini - Tempo
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Akan Lakukan Ibadah Haji 2020? Ingat Tips Sehat Ini - Tempo"

Post a Comment


Powered by Blogger.