Search

5 Tips Agar Tetap Produktif ketika Work From Home - Suara.com

Suara.com - Imbauan untuk tak keluar rumah atau work from home sudah diterapkan di sejumlah kota di Indonesia, demi mencegah penularan virus corona Covid-19. Bagaimana agar kinerja kita tetap produktif meski harus bekerja dari rumah?

Work From Home memang berguna untuk mencegah penularan corona. Namun, tak jarang dari kita yang merasa kinerja kita kurang efektif jika dikerjakan dari rumah.

Berikut adalah cara agar kita bisa tetap produktif membereskan urusan kantor meski dikerjakan dari rumah.

1. Siapkan alat kerja

Kalau sehari-harinya kamu bekerja menggunakan laptop, pastikan bahwa kamu membawanya ke rumah. Jangan lupa siapkan charger, mouse, dan keyboard.

Kalau tidak ada laptop, jangan segan meminta izin supervisor kantor untuk membawa pulang komputer yang biasa kamu gunakan di kantor.

Pastikan juga aplikasi dan perangkat lunak yang biasa dipakai untuk bekerja benar-benar terpasang dengan benar dan berfungsi di komputer kamu.

2. Pastikan memiliki akses internet yang lancar

Bekerja secara remote atau dari jarak jauh mengharuskan kamu untuk memiliki akses internet yang lancar.

Selain untuk komunikasi dengan rekan yang juga sama-sama bekerja dari rumah, internet yang lancar juga akan membantu pekerjaan kamu lebih cepat.

Bayangkan jika kamu telah menyiapkan semua peralatan, namun tak bisa menghubungi bos atau rekanmu untuk meminta persetujuan.

Maka semua hasil pekerjaan hari itu akan tertunda hingga kamu bisa bertemu bos dan rekanmu.

3. Bersiap-siap seperti hari biasanya

Menyiapkan diri sebagaimana kamu bekerja seperti hari biasanya bisa membangun semangat kerja yang sama.

Bangun pagi, mandi, dan mulai bekerja sesuai jam kerja yang biasa kamu lakukan.

Jika perlu, berdandanlah selayaknya kamu akan pergi ke tempat kerja. Pakai pakaian kerja, sepatu, bahkan make-up tidak ada salahnya untuk membangun mood bekerja. 

Meski di rumah, tak ada salahnya pula kamu menentukan waktu istirahat kerja sesuai dengan yang kamu lakukan ketika bekerja di kantor.

4. Kondisikan anak-anak di rumah

Work From Home tak hanya berlaku untuk karyawan perusahaan, tapi juga sekolah. Anak-anak akan diminta untuk belajar di rumah.

Ketika Anda bekerja di rumah dan anak-anak juga berada di tempat yang sama, maka sudah sepatutnya untuk mengatur rencana. Kondisikan anak-anak agar bisa belajar dan bermain dengan baik.

Kalau anda butuh memfokuskan diri untuk bekerja, aturlah situasi sebisa mungkin. Anda bisa memisahkan ruang belajar dan bermain anak dengan ruang kerja anda.

Pisahkan juga kepentingan pekerjaan dengan urusan mengasuh anak.

Namun, bersikap fleksibel juga penting dilakukan agar kamu tak terlalu tertekan dengan pekerjaan. Meski sibuk dalam urusan pekerjaan, imbangi dengan mengasuh anak.

5. Temukan sudut nyaman untuk bekerja

Duduk di tempat yang nyaman bisa membantumu fokus menyelesaikan pekerjaan. Cari sudut rumah yang bisa membangun konsentrasi. Gunakan meja untuk menopang laptop dan catatan.

Menyusun sudut tertentu sesuai tempat kerja di kantor bisa menjadi pilihan agar tetap fokus, pekerjaan selesai, dan tetap produktif.

Ada baiknya untuk menghindari tempat tidur agar tak mudah terpancing untuk rebahan.

Let's block ads! (Why?)



"tips" - Google Berita
March 19, 2020 at 10:26PM
https://ift.tt/2UjJmxv

5 Tips Agar Tetap Produktif ketika Work From Home - Suara.com
"tips" - Google Berita
https://ift.tt/331rOJ7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Tips Agar Tetap Produktif ketika Work From Home - Suara.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.